Lihat ke Halaman Asli

Dwi Fitriani

Mahasiswa IAIN Jember

Ketika Kami Banyak Disalahkan atas Kebijakan yang Sudah Ditetapkan Pemerintah

Diperbarui: 28 April 2020   08:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi virus corona yang tengah mewabah di beberapa daerah membuat banyak hal harus terkendala atau terhenti untuk sementara. Kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah yang mengharuskan pendidikan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (online). Darisini semua kegiatan pembelajaran harus dialihkan menggunakan teknologi. Dimana disini baik dari guru, peserta didik, bahkan orang tua pun harus dituntut untuk faham terhadap teknologi.

Sistem pembelajaran yang seharusnya berjalan secara efektif dengan bertatap muka, maka dengan adanya pembelajaran online tersebut membuat proses pembelajaran dirasa belum maksimal. Guru disini harus tetap bisa menjalankan pembelajaran sebagaimana mestinya. Guru  selalu berupaya menjalankan kebijakan yang ada dengan tetap melakukan pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru disini terkadang bisa dalam hal penyampaian materi secara online ataupun pemberian tugas yang harus dikumpulkan secara online juga.

Pemberian tugas yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik banyak mengalami keluhan. Baik peserta didik ataupun orang tua yang mendampingi peserta didik yang masih belum bisa menggunakan teknologi secara mahir mengungkapkan keluhannya terhadap guru yang selalu memberikan tugas. Guru disini banyak yang disalahkan tentang pemberian tugas ini. 

Padahal di sini guru juga hanya menjalankan apa yang seharusnya ia jalankan agar pembelajaran tetap bisa berlanjut dengan baik. Pemberian tugas disini juga salah satu poin yang diharuskan oleh pemerintah dalam melakukan pembelajaran jarak jauh ini. 

Guru di sini selalu berupaya agar pembelajaran yang tengah berlangsung secara online ini dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dari setiap siswanya. Bagaimana guru bisa mengetahui kemampuan peserta didiknya dan menilai peserta didik tanpa bertatap muka?  Ya salah satunya ialah dengan memberikan tugas kepada peserta didik agar pendidik disini mampu menilai dari segi pengetahuan materinya.

Jadi pendidik disini juga bingung ketika banyak yang menyalahkan tentang pemberian tugas ini. Padahal mereka (guru) juga berusaha sebaik mungkin menghadapi pembelajaran online agar hasil bisa sesuai dengan tujuan pembelajaran sesuai kebijakan pemerintah. Pemberian tugas oleh pendidik disini juga pastinya mempunyai tujuan yang baik untuk para peserta didiknya. 

Maka dari itu baik antara pendidik dan peserta didik juga harus sama-sama bisa menjalankan kebijakan pemerintah ini. Peserta didik harus senantiasa menjalankan proses pembelajaran online ini dengan baik dengan mengikuti prosedur yang ada. Sedangkan untuk pendidik disini pemberian tugas memang poin untuk menadapatkan nilai dari segi pengetahuan, sikap dan juga keterampilan. Tetapi di sini guru juga tetap harus memperhatikan dalam pemberian tugas ini sesuai dengan kondisi psikologi para siswanya. Agar tugas yang diberikan tidak menjadi beban bagi setiap peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline