Lihat ke Halaman Asli

Dwi Febrianto

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UNISRI Surakarta Turut Membantu Penguatan UMKM Melalui Promosi di Media Sosial

Diperbarui: 2 September 2024   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dwi Febrianto

WONOGIRI - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Dwi Febrianto, peserta KKN-PPM Kelompok 23 yang berlokasi di Desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, telah melaksanakan program kerja dengan tema "Penguatan UMKM Dengan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi" pada hari Senin, 26 Agustus 2024, di Rahayu Steak, Jeporo, Jatipurno.

Program ini dilaksanakan dengan cara pembuatan konten video promosi salah satu UMKM bidang kuliner daerah setempat yaitu, Rahayu Steak. Rahayu Steak merupakan kedai yang menjajakan berbagai menu hidangan steak, seperti steak daging sapi, steak ayam, steak udang, dan lain-lain. Tujuan program kerja ini diadakan untuk meningkatkan jangkauan calon konsumen yang lebih luas. Banyak pelaku UMKM yang menggunakan media sosial sebagai media promosi karena dinilai efektif. 

Dalam mempromosikan konten yang telah dibuat, Febri menggandeng akun Instagram @explore_wonogiri untuk dipercaya menguggah konten promosi, dikarenakan akun media sosial tersebut memiliki jumlah pengikut cukup banyak, sehingga promosi dapat tersampaikan dengan jangkauan lebih banyak.

Dwi Febrianto

“Kami melihat bahwa banyak pelaku UMKM yang memiliki produk berkualitas, tetapi mereka masih kesulitan menjangkau konsumen yang lebih luas. Melalui media sosial, kami membantu mereka membuat konten promosi yang menarik dan strategi pemasaran digital yang sesuai dengan target pasar mereka.", jelas Febri.

Wahyu, selaku pemilik Rahayu Steak, menyatakan apresiasinya, “Kami sangat terbantu dengan program kerja mahasiswa KKN ini. Dengan program ini, harapannya usaha saya bisa dikenal lebih banyak orang melalui media sosial dan penjualan pun bisa meningkat."

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Dengan semakin banyak UMKM yang teredukasi dalam memanfaatkan media sosial, diharapkan sektor ini dapat terus berkembang dan menjadi tulang punggung ekonomi daerah. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline