Lihat ke Halaman Asli

Rumah Zakat Peringati Hari Kartini dan Hari Bumi dalam Greget Shodaqoh Sampah Warga

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13351457761722436371

Dalam rangkaian semarak hari kartini (21 April ) dan peringatan hari bumi pada tanggal 22 April, program kesehatan Rumah Zakat Cabang Yogyakarta bekerjasama dengan LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Dusun Kauman, Tamanan, Banguntapan mengadakan Launching Program Mawar Asri dalam bahasa jawa “Makaryoning Warga Agawe Saras Resik lan Indah” ( Kegiatan Berbasis Masyarakat Untuk Mewujudkan Lingkungan yang Sehat, Bersih dan Indah).

Launching ini diawali dengan Greget Shodaqoh Sampah yaitu kerja bakti dusun dan panen sampah oleh masyarakat wilayah Dusun Kauman Tamanan Banguntapan Bantul. Dilanjutkan dengan serah terima sarana prasarana kelola sampah dan kebun dusun, motivasi kesehatan serta inisiasi posyandu lansia dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan lansia.Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 22 April 2012 jam 07.00 – 09.00 bertempat di  rumah Bapak Dukuh RT 2 Kauman Tamanan Banguntapan Bantul. Dihadiri oleh perwakilan Bappeda Kabupaten Bantul, Camat Banguntapan, Lurah Tamanan, Ketua LPMD dan kepala dukuh Kauman.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kesehatan lingkunganyangtercantum dalam point indikator dalam PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah Kesehatan lingkungan terkait pengelolaan sampah. Kebanyakan masyarakat menganggap sampah adalah kotor dan tidak bermanfaat. Hanya sebagai sumber penyakit. Perspektif “yang penting bersih ditempat sendiri” tanpa memperhatikan dampak dilingkungan sekitar hendaknya mulai diubah. Dengan menerapkan konsep pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan shodaqoh sampah diharapkan dapat menjadi solusi dalam penanganan sampah yang ada di lingkungan, selain itu dengan penerapan program shodaqoh sampah ini meningkatkan peran serta dan kemandirian masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline