Lihat ke Halaman Asli

Dwi Ayu Aprilia

Tadris IPS 2, IAIN Jember

Filsafat Pendidikan Perennialisme dan Para Tokoh Pemikirannya

Diperbarui: 28 Mei 2020   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Pengertian Filsafat Pendidikan Perennialisme

-Perennialisme berasal dari bahasa latin yaitu perenis atau dalam bahasa inggris yang artinya abadi atau kekal.

-Perennialisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan yang lahir karena adanya suatu reaksi pendidikan progresif. Aliran ini menggunakan pemikiran kebelakang dengan menggunakan kembali nilai atau prinsip menjadi pandangan hidup yang kuat.

B. Tokoh Pemikiran Filsafat Pendidikan Perennialisme

1. Robert Maynard Hutchins

Robert Maynard Hutchins lahir pada 17 Januari 1899 di Brooklyn, New York.

-Hutchins adalah seorang filsuf pendidikan Amerika.

-Hutchins adalah presiden di Universitas Chicago pada tahun 1929-1945 , dan menjadi kiselir pada tahun 1945-1951. 

-Robert Hutchins percaya untuk mendidik siswa untuk kebebasan, bahwa mereka harus di didk dalam seni liberal.

-Hutchins mengajar semua orang untik berpikir dan berpikir dengan baik adalah yang terbaik dalam pendidikan demokratis.

-Robert Hutchins memainkan peran besar dalam filsafat pendidikan. Reformasi pendidikannya membantu mendefinisikan perennialisme. Karena itu Hutchins, perennialis dan idealis utama yang berkata "pendidikan menyiratkan mengajar. Mengajar menyiratkan pengetahuan sebagai kebenaran. Kebenaran dimana-mana sama. Karena itu pendidikan harus sama dimana-mana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline