Lihat ke Halaman Asli

Ign Joko Dwiatmoko

TERVERIFIKASI

Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Cerai Itu Momok Menakutkan

Diperbarui: 17 Agustus 2018   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerai itu menakutkan karena memecah harapan keluarga (satu harapan.com)

Dalam kehidupan rumah tangga kata cerai adalah momok menakutkan. Kata itu seperti merepresentasikan rasa putus asa atas hubungan suami istri yang selalu tidak sejalan. Pola pikir dua orang yang berbeda latar belakang keluarga, berbeda kelamin, berbeda dalam memandang tujuan hidup. 

Ketika perbedaan itu benar- benar meneror kehidupan sepanjang hari apapun kata pasangan seakan menjadi pemicu percekcokan. 

Titik pandang perempuan dalam hal cinta terkadang berbeda. Perempuan lebih ingin diperhatikan, sedangkan laki-laki lebih senang jika bisa melakukan pekerjaan yang lahir dari hobi dan kesenangan daripada terkonsentrasi memperhatikan keinginan pasangan perempuannya.

Cerai Sering Keluar dari Mulut Perempuan

Laki-laki merasa tertekan jika terus diusik masalah hobi dan kesenangan. Ia akan merasa terkekang karena kontrol istri yang terlalu "Baper". Pulang telat dicurigai mempunyai gebetan atau wanita idaman lain. Sering pulang  terlambat dan jarang berkomunikasi dikatakan sudah tidak mencintai lagi. Laki-laki jarang memberi hadiah perhatian dikatakan kurang romantis dan tidak asyik lagi.

Masalah- masalah kecil tercatat rapi dalam memori perempuan. Perempuan mempunyai ingatan luas pada kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan pasangannya.Sedangkan laki-laki biasanya cepat melupakan masalah yang menjadi biang pertengkaran. 

Laki-laki sering mengulangi kesalahan yang sama berkali-kali sedangkan perempuan selalu mencatat dengan amat teliti kesalahan-kesalahan pasangan  yang sudah dilupakan. Karena perempuan sering baper dan ingat selamanya kesalahan pasangan masalah menjadi kian rumit jika pasangannya sering melakukan kesalahan yang sama baik sengaja maupun tidak sengaja. 

Masalah itu akan menjadi pemicu pertengkaran hingga menyebabkan rasa sakit hati perempuan terlibat dan terjebak dalam situasi emosi tingkat tinggi. Saat emosi meninggi itulah perempuan dengan enteng akan mengeluarkan jurus ampuh. Ceraikan saya!

Bagi laki-laki perceraian itu adalah momok menakutkan. Kata cerai sering terlontar karena "emosi"yang tidak terkontrol. Kata itu akan disesali ketika perempuan sudah luluh dan  merasa bahwa ia masih butuh teman berbagi cerita,berbagi keluh kesah, berbagi masalah dan kasih sayang. Setelah emosi reda sepasang suami istri akan kembali lengket dan melupakan tamparan, makian dan kata- kata menohok yang tidak diharapkan itu.

Dampak Buruk Cerai Terhadap Psikologi Anak

Jika kata cerai terdengar oleh anak- anak betapa berat beban psikologi mereka. Bisa jadi anak akan menampakkan kekecewaannya atas persoalan orang tuanya dengan melakukan kegiatan negatif di luar rumah, seperti bergaul bebas dan mengkonsumsi obat-obat terlarang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline