Lihat ke Halaman Asli

Ign Joko Dwiatmoko

TERVERIFIKASI

Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Kejar Tayang Sinetron dan Matinya Logika Penulisan

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Coba amati rangkaian cerita sinetron di televisi. Demi kejar tayang dan tuntutan rating banyak logika diputarbalikkan. Meskipun genre sinetron itu fiksi tapi logika runtutan cerita harusnya tetap harus diperhatikan. Banyak sinetron Indonesia menabrak rambu-rambu logika. Harusnya penulisan skript cerita tetap harus mengedepankan data dan kajian ilmiah agar bisa diterima oleh pikiran penonton. Dengan kejar tayang kadang cerita menjadi ngelantur jauh dari logika data dan nalar.

Tapi yang lebih gila itu penonton sudah jelas-jelas sinetron mulai ngelantur dan cuma menampilkan adegan-adegan konyol tetap saja ditonton meskipun akhirnya emosi dan ngumpat-ngumpat karena ceritanya tidak selesai-selesai. Adegan flashback memenuhi durasi dan membuat keseruan yang dinanti-nanti menjadi hambar. Kalau adegan mulai mengarah pada penyelesaian cerita sengaja cerita diputar- putar hingga esensi cerita kabur lagi. Nilai edukasinyapun sama sekali tidak nampak. Sinetron hiburan Indonesia rasanya baru sebatas menghibur, dan membuat adrenalin pemirsa terpacu. Tapi alur berpikir penonton tidak dididik.  Beda dengan keluarga Cemara misalnya. Kita seperti melihat kehidupan sendiri dan segala problematikanya. Problematika kehidupan itu dikemas dengan gambar-gambar runtut yang membuat penonton bisa mengambil manfaat dari tayangan sinetron tersebut.

Sekarang banyak sinetron cuma menjual mimpi, promosi rumah bagus dan mobil mewah. Potret siswa dengan kehidupan glamour dan segala pernik-pernik kehidupan anak zaman sekarang yang lebih menonjolkan persaingan dalam kehidupan cinta daripada persaingan prestasi individu yang memotret secara sportif. Antagonisme, protagonisme terlalu lebay, seperti dilebih-lebihkan. Padahal banyak hal bisa dijadikan ide cerita yang mengaduk emosi tapi punya sisi edukasi yang bisa ditonjolkan.

Penulis skript sinetron banyak melupakan realitas kehidupan nyata karena tayangan sinetron lebih menonjolkan sisi komersial dan ketertarikan pengisi iklan daripada  mendidik secara halus dan  mencerdaskan pikiran.

Ada yang lucu misalnya salah satu sinetron yang menceritakan  sosok pengangguran, miskin dan tidak punya pekerjaan tapi interior rumahnya tidak mencerminkan sebagai seorang yang miskin. ini sudah mencederai logika. kalau penonton kritis ini akan menjadi bahan cerita yang lucu. maksudnya  banyak penonton dibodohi dengan gambar yang tidak nyambung dengan logika.

Mungkin saya salah satu dari penonton yang mau dibodohin dengan cerita kejar tayang. sebuah cerita dengan alur yang susah ditebak kapan endingnya meskipun sebetulnya terkesan mengulur waktu karena  merasa masih mendapat perhatian dari penonton.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline