Lihat ke Halaman Asli

Dwi Arief

Mahasiswa

Komunitas Cendekia.id Gelar Pekan Literasi untuk Peringati Hari Laut 2024 di Pantai Mangrove Karangsong, Kabupaten Indramayu

Diperbarui: 12 Juni 2024   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Panitia Kegiatan (2024)

Indramayu, 2024 -- Dalam rangka memperingati Hari Laut 2024, komunitas Cendekia.id menyelenggarakan pekan literasi bertema "Kajian Lingkungan Pantai Kula Resik" di Pantai Mangrove Karangsong, Kabupaten Indramayu. Acara ini mengusung tiga pokok kegiatan utama yaitu kajian isu lingkungan mengenai sampah dan edukasi tanaman mangrove, aksi bersih-bersih kawasan pantai mangrove dan makan bersama.

Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri, yakni Bapak Eka Tarika, Pengelola Hutan Mangrove Karangsong dan Bapak Arbi Fuadi Maulidina, Sanggar Lingkungan Hidup. Lebih lanjut, kegiatan ini telah dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat Indramayu termasuk siswa/I sekolah, mahasiswa, relawan muda, sahabat cendekia dan masyarakat umum.

Muhammad Fityan, Ketua komunitas Cendekia.id menyampaikan rasa syukurnya atas partisipasi yang luar biasa dari masyarakat. "Alhamdulillah, total peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini bisa mencapai 65 peserta," ujarnya.

Selain edukasi, kegiatan ini juga berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 3 kwintal yang kemudian diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Indramayu untuk diproses di TPA Pecuk, Indramayu.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan alam termasuk kawasan pantai Mangrove. Pengelolaan sumber daya alam yang baik akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kehidupan manusia. Sedangkan, pengelolaan yang buruk dapat berdampak negatif bagi kehidupan manusia.

Melalui acara ini, komunitas Cendekia.id dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga, merawat dan mengelola sumber daya alam. "Kami ingin mengajak semua orang untuk lebih peduli dan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan," tambah Fityan.

Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya pelestarian lingkungan dan ekosistem mangrove di Kabupaten Indramayu. Mari bersama-sama menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup kita dan generasi mendatang!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline