Lihat ke Halaman Asli

10 Kiat Bicara Secara Virtual

Diperbarui: 21 Maret 2023   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri di kegiatan zoom PGRI

Malam ini kembali kita belajar bersama di dunia maya bersama Prof.Ekoji dalam acara rutin PGRI setiap selasa malam. Tema yang diusung pada pertemuan malam ini adalah "Bicara Secara Virtual Yang Menarik".

Prof. Ekoji memberikan materi dengan sangat menarik. Beliau begitu piawai memandu peserta dalam kelas belajar yang berlangsung hampir dua jam dengan sangat menyenangkan. Materi dibuat bervariasi, ada game, ada sesi diskusi, selingan lagu baliau bersama istri tercinta dan yang paling menarik adalah bagi-bagi buku karya Omjay bagi peserta yang aktif di chat zoommeet.

Inti materi yang beliau sampaikan adalah "10 Kiat Bicara Secara Virtual". Adapun 10 kiat itu adalah :

1. Memiliki perasaan berbicara dengan manusia.

Menyampaikan materi melalui media virtual memang memiliki tantangan yang besar. Kita berbicara dengan orang lain tanpa bertatap muka langsung dan yang kita ajak sebagai lawan bicara adalah layar HP atau Laptop. Disinilah kita bisa mengeluarkan perasaan kita seolah-olah kita berbicara dengan kawan yang ada didekat kita agar pembicaraan itu terasa hidup.

2. Komunikasi memiliki tujuan.

Jaman dulu, tujuan berkomunikasi hanya untuk menyampaikan pesan tetapi jaman sekarang tujuannya lebih luas lagi yaitu membuat orang lain melakukan apa yang kita inginkan. sebagai contoh, seorang guru yang memberikan materi didepan kelas tidak hanya menyampaikan pesan tetapi ada tugas yang harus dikerjakan oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung. 

3. Kenali Audience.

Dalam berbicara di area virtual kita harus membedakan lawan bicara kita apakah anak muda milenial, orang tua, ibu rumah tangga atau politikus mungkin. Karena ini akan mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan pesan yang kita sampaikan. serta ketertarikan lawan bicara dengan materi yang kita sampaikan.

4. Pilih strategi komunikasi yang tepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline