Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Telkomsel IoT : Perusahaan IoT Terbesar di Indonesia

Diperbarui: 20 Juli 2022   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber artikel dari suara.com

Belakangan ini Telkomsel memang terus berinovasi dengan mengeluarkan beragam layanan terbaru mereka guna menunjang kenyamanan konsumen dalam menggunakannya. Apalagi untuk menyambut datangnya ekosistem industri 4.0 ini. Sehingga banyak perusahaan yang memiliki kebutuhan kian meningkat di bidang teknologi untuk mempermudah pekerjaan mereka, tentunya juga agar tidak kalah saing dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang lainnya.

Itulah mengapa ia mulai meluncurkan Telkomsel IoT, mungkin sebagian masih asing dengan nama yang satu ini, layanan yang satu ini sebenarnya dikenal juga dengan layanan internet of things, dimana memang hampir semua atau setiap kegiatan dapat dilakukan berbasis digital, yaitu dengan menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Banyak diantara layanan-layanan terbaru yang diluncurkan oleh Telkomsel IoT ini, termasuk diantaranya yang terbaru adalah Envion atau Energy Visibility Solution. Peluncuran terbaru ini sebenarnya ditandai juga dengan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU antara Telkomsel dengan Telkominfra.

Sebelumnya wajib diketahui bahwa memang layanan IoT Envion ini sendiri merupakan sebuah sistem monitoring energi secara realtime yang berbasis AI, nantinya ia dapat mengoptimasi sistem management energi agar mendukung operasional di dalam sebuah perusahaan. pada dasarnya teknologi terbaru dari IoT ini sendiri juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor, diantaranya adalah telekomunikasi, industrial park manufacture, bank, retail, finance serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya inovasi terbaru yang diluncurkan ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan teknologi guna kemajuan bangsa melalui penerapan berbagai macam produk serta layanan mereka, baik itu untuk masyarakat ataupun juga hingga lintas industri. Banyak manfaat nyata yang dirasakan dengan adanya layanan dari IoT, bahkan ada semakin banyak diantara perusahaan yang bergabung untuk memakai layanan tersebut.

Transformasi di dalam negeri menuju masyarakat industri 4.0 memang tampak begitu nyata, karena banyak layanan yang sekarang ini sudah berbasis digital. Telkomsel IoT Envion ini sendiri pada dasarnya dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang nantinya secara otomatis dapat digunakan untuk memantau konsumsi energi. Di tahap awal implementasi dari teknologi yang satu ini adalah digunakan pada Telkominfra yaitu untuk mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas terdepan guna mendukung pemanfaatan energi yang tepat guna.

Selain IoT Envion sendiri sekarang juga hadir IoT Sphere yang mungkin masih banyak diantara Anda belum tahu mengenai produk satu ini. Dimana fokusnya sendiri adalah untuk mendukung keamanan siber. Seperti yang diketahui bahwa semakin banyak orang yang menggunakan teknologi digital untuk mempermudah segala kegiatannya, namun di satu sisi ancaman atau resiko kejahatan siber juga semakin tinggi, pencurian data misalnya yang kerab kali terjadi.

Dengan diluncurkannya IoT Sphere ini sendiri sebenarnya dijadikan sebagai solusi layanan keamanan dari IoT digunakan untuk memberi perlindungan secara optimal kepada jaringan pelanggan dari berbagai macam ancaman dan juga eksploitasi secara komprehensif. Sudah banyak diantara perusahaan yang mengadopsinya, dengan tujuan agar nantinya keamanan data perusahaan tersebut juga jadi lebih terjamin.

Semakin kesini akan ada semakin banyak produk baru yang diluncurkan oleh Telkomsel IoT ini, bahkan tentunya akan lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya, karena Indonesia sendiri juga terus ikut perkembangan zaman memasuki era Industry 4.0 ini, dimana nantinya tenaga manusia atau SDM akan dikurangi karena lebih banyak menggunakan alat, apalagi yang sudah berbasis digital. Telkomsel sendiri juga mengklaim bahwa layanan mereka tersebut dapat digunakan pada lintas sektor industri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline