Lihat ke Halaman Asli

Proses Pendidikan Melalui Homanisasi dan Proses Humanisasi

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PROSES PENDIDIKAN  MELALUI HOMINISASI DAN PROSES HUMANISASI

Di dalam proses hominisasi di maksudkan pengembangan manusia sebagai makhluk hidup. Makhluk manusia harus dibesarkan agar supaya dia dapat berdiri sendiri dan memenuhi kebutuhan hidup nya seperti kehidupan biologis  membutuhkan makanan bergizi seperti kebutuhan seks,kehidupan ekonomis , termasuk mempunyai lapangan kerja sendiri. Proses humanisasi merupakan suatu proses yang terbuka dimana manusia dapat menguasai ilmu pengetahuan serta penerapan nya,penghayatan seni gerak,seni music,seni patung dan sebagainya. Proses hominisasi dan proses humanisasi merupakan suatu kesatuan yang terjadi di dalam kehidupan kebudayaan yang mengandng unsur-unsur universal,partikular dan global. Unsur-unsur kebudayaan tersebut terus berkembang di dalam dimensi waktu atau temporal artinya setiap kebudayaan mempunyai masa lalunya, masa kini,dan masa depan.oleh sebab itu kebudayaan bersifat di names,terus berkembang apalagi jika pelaku kebudayaan itu di kembangkan potensinya dan di galakkan dinamikanya melalui proses pendidikan betapa besar arah proses pendidkan ditentukan oleh kebudayaan.

Pendidikan demokrasi

Pendidikan demokrasi merupakan tuntutan dari terbentuknya masyarakat madani Indonesia mengandung berbagai unsur:

1.Manusia memerlukan kebebasan politk artinya mereka memerlukan pemerintah dari dan untuk mereka sendiri .seorang warga Negara yang baik mengetahui mengenai hak-hak politiknya antara lain hak untk memilih pemerinah yang di anggap nya baik tanpa paksaan.

2.Kebebasan intelektual . kebebasan inelektual diperlukan karena suatu masarakat demokrasi adalah masyarakat yang menghargai akan kemampuan intelektual para anggotanya baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kesejahteraan masyarakat ny,kebebasan intelektual merupakan syarat utama di dalam kemampuannya untuk memformulasikan system nilai yang ingin di wujudkan nya demi untk kepentingan bersama .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline