Lihat ke Halaman Asli

Dwi Kuncoro Hadi

Kepala Sekolah Dasar

Kreativitas Tanpa Batas untuk Indonesia Tangguh

Diperbarui: 9 Oktober 2023   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Pribadi

Kreativitas Tanpa Batas untuk Indonesia Tangguh

Sekolah bukan sekedar tempat untuk menjadi waktu kembalinya murid murid kedalam suatu rutinitas, melainkan suatu proses perbaikan diri untuk mencapai sebuah prestasi .Dengan semakin aktif untuk visualisasi mimpi, murid tentunya akan memanfaatkan waktu yang dimilikinya untuk kegiatan yang lebih produktif

Kita pasti sering mendengan stigma negatif  kerap ditujukan baik kepada penyandang keterbatasan atau kekurangan. Seorang murid yang mempunyai keterbatasan,  tidak selalu identik dengan kekurangan atau berbagai hal yang tidak menyenangkan, pasti ada sisi lebih yang mereka miliki. Faktanya keterbatasan yang dimilikinya tidak mencegah mereka untuk berprestasi dan bermanfaat bagi diri sendiri, sekolah dan lingkungannya.

Kita tentunya semua juga menyadari bahwa mempunyai keterbatasan yang dimiliki  bukan berarti tidak bisa berkarya dan berprestasi. Karena dibalik keterbatasan, tentu pasti ada potensi dan bakat  yang luar biasa. Mereka punya keahlian tertentu yang  pasti bisa menjadi generasi penerus bangsa dan negara bahkan meningkatkan martabat negara bangsa Indonesia. 

Kami harap role model yang dihadirkan di SDN 2 Bulukerto sini, dapat mendorong murid murid di sekolah lainnya semua untuk ikut berpartisipasi dan berprestasi. Saat ini masih banyak penyandang keterbatasan  yang masih perlu didukung untuk menyadari bakat , kemampuan dan potensinya. Setiap orang terlahir dengan kemampuan, bakat dan potensi  uniknya masing-masing, tidak terkecuali murid murid yang dengan keterbatasan. Sayangnya tidak semua orang dengan secara terbuka menyadari dan bisa menemukenali hal tersebut,.

           Untuk itu kita selalu berusaha dan siap untuk berbicara satu-persatu, memotivasi  dengannya agar terdorong untuk memulai mengembangkan setiap potensi yang mereka miliki. Jangan biarkan setiap kekurangan yang kita miliki membuatmu berhenti berkarya, berkreasi  dan berjuang. Setiap murid berhak untuk memaksimalkan potensi dan bakat dirinya. Fokus kepada passion yang kamu miliki dan jangan biarkan keterbatasan atau tantangan menjadi hambatan dalam menggapai masa depan .

Kita hanya butuh 3 kata untuk memotivasinya, jangan pernah menyerah, jangan pedulikan mereka yang mungkin menghalangimu dan teruslah untuk bergerak. Mulailah darimana kita berada, gunakan apa yang kamu miliki, lakukan apapun itu yang sekira kamu bisa, hidup adalah perbuatan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline