Menjadi Pemimpin Pembelajaran Dulu
Guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas maupun di sekolah harus mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan mampu mendampingi semua murid dalam mempersiapkan masa depannya, itu adalah sebagian dari tugas penting guru di sekolah selain mengajar dan mendidik murid. Sebaga pemimpin pendidikan,di sekolah seorang guru harus berusaha mampu menjadi pemimpin yang disukai, bisa dipercaya, amanah dan harus juga mampu membimbing, berkepribadian baik sepanjang masa sehingga dapat menyiapkan seluruh murid untuk bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dan bakatnya menjadi manusia yang siap beradaptasi, menghadapi berbagai kemungkinan dan tantangan di saat ini dan dimasa depan
Dalam proses pembelajaran tentu tidak akan selamanya berjalan mulus, sehingga guru pasti selalu berusaha bagaimana materi pembelajaran yang akan disampaikan dapat dikuasai oleh murid secara tuntas. Banyak hal yang mempengaruhi kesulitan gurur dalam penyampaian materi dikarenakan murid bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berlainan. Ada beberapa hal yang bisa membedakan murid yang satu dengan yang lainnya, yaitu emosional, intelektual, psikologi dan biologis. Keanekaragaman tujuan murid dalam belajar di sekolah juga mempengaruhi semangat, minat, bakat , potensi mereka dalam proses pembelajaran.
Kepemimpinan merupakan salah satu unsur kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru saat ini. Pada saat ini banyak model kepemimpinan yang dapat kita dianut atau adopsi untuk diterapkan dalam berbagai organisasi /institusi baik profit maupun nonprofit. Dari sekian banyak jenis kepemimpinan, salah satu model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di lembaga pendidikan disekolah adalah kepemimpinan pembelajaran. Aspek kepemimpinan seorang guru dalam pembelajaran di kelas dan disekolah sangat penting karena dengan kemampuan memimpin yang tinggi,kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu mendengarkan umpan balik tentunya guru tidak hanya akan mampu mempengaruhi para muridnya untuk belajar materi-materi ajar dengan baik melainkan juga akan mempengaruhi sikap, tindakan dan perilaku semua murid mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Kepemimpinan dalam pembelajaran yang kuat tentunya mendukung lembaga pendidikan atau sekolah menjadi makin lebih efektif. Kepemimpinan dalam pembelajaran mencakup perilaku-perilaku tenaga pengajar atau pendidik dalam merumuskan dan mengkomunikasikan tujuan lembaga Pendidikan sekolah untuk memantau, mendampingi, dan memberikan umpan balik dalam pembelajaran, membangun iklim akademik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi dalam lembaga pendidikan.
Tujuan utama kepemimpinan pembelajaran adalah memberikan pelayanan yang prima , pelayanan terbaik yang bisa diberikan kepada semua murid agar mereka mampu untuk mengembangkan seluruh bakat potensinya dalam rangka bekal menghadapi masa depan yang belum diketahui dan sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat komplek dan memerlukan keahlihan tertentu. Sebagai pemimpin Pendidikan di sekolah, seorang guru harus menjadi pemimpin yang disukai, dipercaya, mampu membimbing, berkepribadian sehingga dapat menyiapkan peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang siap beradaptasi, menghadapi berbagai kemungkinan dan tantangan
Modul 3.1.a 9 Koneksi Antar Materi CGP A 7 Wonogiri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H