Lihat ke Halaman Asli

Dwi Isnaini

Mompreneur yang menyukai dunia tulis menulis

6 Thinking Hat, Membuat Anda Komplit Sebelum Membuat Keputusan

Diperbarui: 5 Juni 2022   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Think2Make

Sebuah perusahaan besar mempunyai masalah dengan lift. Lift itu begitu tua sehingga siapa pun yang naik lift tersebut merasa bergerak lambat. Sang pemilik lift lalu menantang Edward de Bono untuk memberi solusi tanpa mengganti lift karena biayanya terlalu besar. Dengan santainya Edward menjawab tantangan tersebut untuk memasang cermin pada dinding lift agar liftnya terasa cepat.

Pada mulanya sang pemilik lift bingung, tetapi tetap mengikuti saran Edward. Setelah cermin terpasang, maka tidak ada lagi yang mengeluh liftnya lambat. Tahu tidak kenapa? Karena yang naik lift sekarang sibuk berkaca.  Hehehe.

Edward de Bono, seorang psikolog mengatakan bahwa manusia mempunyai 6 gaya berpikir yang diimajinerkan sebagai topi. Topi itu bisa dipakai bergantian untuk memecahkan suatu masalah dari beberapa sudut pandang. Saya yakin konsep ini bisa diterapkan dalam bisnis, karena seorang pengusaha setiap hari harus berhadapan dengan masalah dan resiko.

Berikut berbagai warna topi tersebut:

1. Topi Putih

Ketika memakai topi putih, Anda sedang mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya berupa data. Tujuannya adalah agar Anda berpikir berdasarkan fakta, bukan dugaan atau opini yang terlihat saat Anda mengatakan, "Menurut saya....", "Sepertinya...".

Saat memakai topi putih, tanyalah pada diri Anda sendiri:

-Info apa yang sudah diketahui?

-Apakah infonya valid?

-Info apa yang belum dimiliki?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline