Lihat ke Halaman Asli

Menerapkan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Diperbarui: 16 Februari 2024   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

 

MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

KELAS VII.A MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SMP NEGERI 3 SRAGI

 

Latar Belakang

 

 

Pembahasan

Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan siswanya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Djamarah (2006:46) mengatakan, bahwa untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan, guru harus pandai memilih model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik, supaya siswa merasa senang dalam proses belajar mengajar berlangsung. 

Sementara praktik guru-guru secara umum dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang hanya fokus pada guru, termasuk di dalamnya yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini membuat  siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, Pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode konvensional, Guru belum bisa memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline