Lihat ke Halaman Asli

Dwi Wahyuni

Mahasiswa S1 Universitas Bhayangkara Surabaya

Revitalisasi demi Kemajuan Dusun Budengan oleh Mahasiswa KKN UBHARA Surabaya

Diperbarui: 13 November 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan KKN Tematik Ubhara Surabaya 2023 yang dihadiri oleh Perangkat Desa Kalisat serta Dosen Pedamping Lapangan Ubhara Surabaya(31/10/2023) 

Kelompok KKN Ubhara 016 berfokus pada Revitalisasi Lingkungan Desa dan Sosialisasi Kopi Racik yang berlokasi di Dusun Budengan, Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Judul ini diusung berdasarkan pengamatan terhadap kondisi dan lingkungan yang memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam yaitu Perkebunan Jagung, banyaknya pepohonan mangga, dan olahan krupuk dari beras.

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak kampus serta perangkat desa yang turut hadir sebagai undangan, antara lain : Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 016 yakni Kunarso S.H., M.Hum, Direktur KKN Universitas Bhayangkara Surabaya Hj. Juli Nurani S.H M.H CIQaR dan juga Ketua LPPM Universitas Bhayangkara Surabaya Drs. Heru Irianto M.Si. Serta Kepala Desa Kalisat yakni Bapak Samhudi S.Pd, Perangkat Desa, Kepala Dusun, dan Tokoh Masyarakat.

Pemasangan Petunjuk Jalan oleh KKN 016 Guna Memudahkan Warga Dsn Budengan dan Luar Budengan Agar Mengetahui Batas Awal dan Batas Akhir (07/11/2023)

Revitalisasi Lingkungan Desa dilakukan oleh KKN Ubhara 2023 Kelompok 016 merupakan upaya untuk merealisasikan adanya petunjuk arah atau plakat yang akan ditempatkan di 2 titik antara lain batas awal masuk Dusun Budengan dan batas akhir pemisah adanya Dusun Budengan dengan Desa Candirobo Kecamatan Sukorejo. Pembuatan plakat jalan sangat diperlukkan karena untuk memberikan petunjuk arah bagi masyarakat luar yang berkunjung ke Dusun Budengan. Serta juga menyediakan tempat sampah di beberapa titik. Dengan disediakan tempat sampah oleh mahasiswa KKN Ubhara 016 diharapkan masyarakat Dusun  Budengan agar lebih tertib dalam membuang sampah pada tempatnya.

Sosialisasi Digital Marketing oleh Dosen Ubhara Surabaya Bapak Ariyan Alfraita, S.Sos., M.I.Kom (03/11/2023) 

Program Kerja selanjutnya Sosialisasi mengenai kopi racik dan olahan kerupuk dari beras yang berfokus pada Digitalisasi Marketing. Hal ini bertujuan karena kopi racik sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain : meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan resiko penyakit jantung, dan meningkatkan sistem imun. Berdasarkan hasil survei lapangan di Dusun Budengan banyak pelaku usaha tetapi tidak ada pengetahuan untuk memasarkan produknya sendiri, kurangnya pemahaman tentang manfaat dan cara dari media pemasaran digital, serta pengelolaan pembayaran digital. Dengan ini mahasiswa KKN 016 membantu masyarakat Dusun Budengan dengan cara memasarkan produk memalui e-commerce seperti : Shopee, Instagram dan Tokopedia.

"Desa Kalisat memiliki banyak UMKM yang berpotensi namun masih kurang dalam pemasaran. Jadi dibutuhkan Digitalisasi untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa tersebut" tutur Ariyan Alfraita, S.Sos., M.I.Kom selaku narasumber Digitalisasi Marketing.

Dengan adanya Program Kerja ini diharapkan membantu para pelaku UMKM dan tertarik untuk bergerak dalam berbisnis Digital, dan terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi warga Desa Kalisat.

KKN O16 Mengajar di SDN Kalisat 01 Rembang Dengan Konsep Belajar Sambil Bermain (1/11/2023)

Selain itu, mahasiswa KKN 016 juga melakukan kegiatan mengajar di SDN Kalisat 01 Rembang dengan konsep belajar sambil bermain. Dengan materi di hari pertama yaitu Bullying dan dihari kedua menayangkan sebuah short film berjudul "Aku Ingin Sekolah" dan "Kasih Sayang Orang Tua". Dengan harapan siswa-siswi di SDN Kalisat 01 menjadi anak-anak yang berbudi pekerti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline