Lihat ke Halaman Asli

Atur Pola Hidup Sehatmu, Mulai Saat Ini!

Diperbarui: 5 Juni 2022   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Gaya hidup sehat merupakan sebuah komitmen jangka panjang yang dapat mempengaruhi keseharianmu. Mulai melakukan kegiatan positif adalah poin penting dari gaya hidup sehat, seperti mengatur pola makan, berolahraga, menjaga kebersihan, dan mengatur pola istirahat. Tentunya dalam melakukan kegiatan ini diperlukan niat dan tekad yang kuat.

Sebelumnya, tahukah kalian arti pola makan? Pola makan yaitu kegiatan mengatur makanan yang kita konsumsi. Dalam hal ini menentukan  waktu dan makanan yang tepat merupakan hal terpenting dalam kegiatan mengatur pola makan yang sehat. Seperti yang kita tahu ada beberapa waktu yang baik untuk mengkonsumsi makanan yaitu waktu sarapan pagi antara  pukul 07.00-09.00 , makan siang antara jam 12.30-13.00, dan makan malam antara jam 18.00-18.30. Adapun makanan yang baik yaitu makanan yang didalamnya mengandung gizi yang seimbang  dan bersih tentunya.

Bagi sebagian anak muda zaman sekarang berolahraga merupakan suatu hal yang membosankan, mereka cenderung lebih suka rebahan ditempat tidur sambil memainkan gadget mereka. Padahal olahraga sangat penting untuk merangsang otot-otot dan bagian tubuh yang lainnya  agar bergerak dan memberikan efek kepada tubuh secara keseluruhan. Kita tidak harus melakukan olahraga yang berat dilakukan ditempat kebugaran, tapi kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, sit up, push up ataupun olahraga lainnya yang bisa kita lakukan dirumah. 

Selanjutnya menjaga kebersihan yaitu menciptakan lingkungan sehat yang terbebas dari kotoran yang mengandung banyak bakteri merugikan yang menjadi sumber dari berbagai penyakit. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari diri kita sendiri contonya mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, membersihkan tangan dan kaki setelah dari luar dan lain sebagainya. Kemudian kebersihan makanan dan tempatnya juga tak kalah penting, karena makanan yang kita konsumsi akan masuk dalam tubuh dan jika makanan tersebut tidak bersih maka bakteri tidak baik yang terdapat didalamnya juga akan ikut masuk kedalam tubuh kita, dan bisa saja membuat kita sakit nantinya.

Yang terakhir yaitu mengatur pola istirahat. Dalam pola hidup yang sehat istirahat yang cukup sangat diperlukan karena itu dapat mempengaruhi kebugaran tubuh kita. Salah satu pola istirahat yang perlu kita perhatikan antara lain yaitu tidur, normalnya kita disarankan tidur 7-8 jam perharinya. Jika pola istirahat kita baik dan benar maka tubuh kita akan terasa bugar dan segar saat bangun di pagi hari.

Manfaat dari pola hidup sehat yaitu sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembangnya manusia. Pola hidup sehat sangat mempengaruhi kualitas hidup kita ke arah yang lebih baik. Kehidupan yang lebih baik nantinya juga akan kita nikmati, supaya tidak terlalu menyesal dan sengsara saat kita telah tua.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline