Lihat ke Halaman Asli

Dwi Elyono

Pencari

Alas Ketonggo ~ Tempat Bertemunya Raden Patah, Sunan Kalijaga, Prabu Brawijaya Pamungkas, dan Profesor George Quinn

Diperbarui: 14 Februari 2019   00:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Suatu hari bulan Oktober 2015 HP saya kemasukan SMS dari seseorang yang sangat tidak terduga, seorang profesor dunia dalam bidang kajian budaya, sastra, dan bahasa Jawa, Profesor George Quinn dari Australian National University (ANU), Canberra, Australia.

Pak George (begitu saya memanggilnya) memberitahu bahwa beliau sedang dalam perjalanan kereta menuju Madiun dan akan tiba jam tujuh malam.

Besok siangnya saya jemput pak George di Hotel Amaris Madiun. Hotel yang baru selesai dibangun ini seolah-olah dibangun khusus untuk menyambut kedatangan tamu Agung dari Brang Kidul. Melihat pak George di lobby hotel bagai melihat alien dari Planet Uluru ~ tinggi, besar, pirang, wajah cerah campur teduh seperti kebanyakan wajah orang Uluru.

Rencana pak George hari itu, makan siang di rumah kami di Ngawi, kemudian bablas ke Alas Ketonggo, di lereng timur laut Gunung Lawu, salah satu tempat paling sakral bagi masyarakat Jawa.

Pak George membuat gempar orang-orang di desa. Beliau adalah bule pertama yang berkunjung ke kampung kami. Yang pertama bikin gempar tentu saja kebuleannya. Tapi yang bikin warga melongo adalah … beliau bisa ngomong bahasa Jawa, baik boso Jowo Ngoko, Madya, maupun Kromo Inggil.

Opo ora edan?

“Eh, jebule Eyang George iso ngomong Jowo!” teriak tetangga terheran-heran.

Saking asyiknya ngganyemi bothok jamur dan tahu isi buatan Jeng Ranti, pak George sampai lupa dengan acara berikutnya. Untungnya Alas Ketonggo tidak sampai satu jam dari rumah kami. Kami sampai di hutan keramat ini pas maghrib.

Beruntung saat kami tiba, Mbah Marji, sang juru kunci, ada di pendopo di samping petilasan Srigati. Perawakan Mbah Marji yang kecil, legam, dan trengginas, dan rambut dan jenggotnya yang kelawu panjang, kontras seratus delapan puluh derajat dengan perawakan pak George yang tinggi besar, pink. Mbah Marji ‘guru sejati’ lelaku Jawa bertemu dengan pak George ‘guru besar’ ziarah Jawa.

“Berarti dalam kehidupan itu, selalu ada huru-hara, nggih, Mbah Marji, sebelum ketentraman muncul?” tanya pak George.

“Benar,” jawab mbah Marji, “dan dalam kaitannya dengan hal ini, ada tempat keramat di Alas Ketonggo ini yang namanya Petilasan Heru Cokro di wilayah Umbul Jambe.”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline