Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Best Practice

Diperbarui: 13 Desember 2022   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya menyusun best practise menggunakan metode star  terkait motivasi belajar bahasa arab pada peserta didik tingkat SMK.

dalam situasi ini, yang menjadi latar belakang masalah motivasi peserta didik pada pembelajaran bahasa arab adalah karena banyak peserta didik yang menganggap sebelah mata pelajaran bahasa arab, sehingga semangat atau motivasi mereka menjadi rendah, selain itu mereka beranggapan belajar bahsa arab itu merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, ditambah lagi faktor bahwa mereka belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya . ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran bahasa arab. 

oleh karena itu sebgai pendidik di era 4.0 kita dituntut untuk menciptakan model pembelajaran yang fun learning atau menyenangkan sehingga anak tidak merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab sehingga mampu meningkatkan motivasi dan keinginan mereka untuk mempelajari bahasa arab. 

sekarang ini banyak aplikasi pendukung pembelajaran yang menyenangkan, beberapa diantara aplikasi berbasis online /TPACK sehingga peserta didik dapat ikut berperan aktif dlaam media pembelajaran interaktif. 

demikianlah beberapa hal yang bisa di upayakan agar pembelajaran menjadi menyenangkan. 

semoga pendidikan di Indonesia semakin maju.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline