A. Definisi pembelajaran berdiferensiasi
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran yang menitik beratkan kepada kebutuhuan murid yang berbeda-beda, jadi guru disini harus memahami setiap kebutuhan murid dengan cara memetakan kebutuhan dengan memperhatikan 3 aspek yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar.
1. Kesiapan Belajar
Kesiapan belajar adalah kecakapan murid dalam menerima pembelajaran baru. kemampuan tersebut dapat didukung dan dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan dukungan (motivasi) yang memadai.
Enam perspektif kontinum yang diadaptasi dari alat yang disebut Equalizer yang diperkenal oleh Tomlison (Tomlison, 2001).
a. Bersifat mendasar -- Bersifat transformative
Sebagian murid akan membutuhkan waktu untuk menerapkan ide baru karena ide tersebut bukan bidang yang dikuasai, mereka juga akan membutuhkan informasi pendukung yang lebih jelas dan membutuhkan bahan serta tugas yang lebih bersifat transformastif.
b. Konkret -- Abstrak
Guru mengukur kesiapan siswa, apakah siswa mampu belajar dengan menggunakan benda konkret atau abstrak.
c. Sederhana -- kompleks
Sebagian murid mampu memecahkan permasalahan mulai dari hal-hal mudah sampai sesuatu yang rumit,
d. Tertstruktur -- Open Ended
Murid akan mudah menyelesaikan tugas apabila tugas tersebut disusun sedemikian rupa sehingga murid tidak kebingungan untuk mengerjakannya. Dan paa akhirnya murid dapat berkembang sesuai kreativitas mereka.