Lihat ke Halaman Asli

DWI ELISA

tetap semangat dalam mencari dan berbagi ilmu

Jurnal Refleksi Minggu 9_CGP_Model 2 (DEAL)_Modul 2.1

Diperbarui: 21 Februari 2022   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL MINGGU KE 9

Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL)

Description

 Libur Panjang calon guru penggerak telah usai. Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak Kembali dimulai. Pada tanggal 7 februari 2022 kegiatan awal para CGP yaitu kegiatan pretest modul 2.1. Berdasarkan alur merdeka kegiatan selanjutnya bagi CGP yaitu mulai dari diri. Mulai dari ini adalah kegiatan untuk menggali bagaimana pemahaman CGP sebelum mempelajari Modul. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menjawab pertanyaan pemantim sebgai berikut :

  1. Apa yang telah saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
  2. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Selanjutnya, para CGP mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi dan memetakan kebutuhan murid dalam eksplorasi konsep. Kemudian para CGP membuat kesimpulan dari pemahaman  tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan diagram frayer.

Dalam alur merdeka, para CGP bertatap maya dan berdiskusi dengan CGP lai melalui Ruang Kolaborasi yang di pimpin oleh fasilitator ibu Tutik Saptiningsih. Kemudian hasil diskusi tentang pembuatan RPP berdiferensiasi ini di presentasikan masing-masing kelompok pada Ruang kolaborasi 2 dan hasil tersebut diunggah pada LMS modul 2.1.a.5.2.

Pada penugasan mandiri secara asinkron, CGP melakukan refleksi refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah kami lalui serta menggunakannya untuk memperbaiki proses pembelajaran di sekolah atau kelas para CGP. Dan selanjutnya CGP melakukan demonstrasi kontekstual dengan membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang telah dibuat oleh sesama rekan CGP sebagai peer assessment.

Selain pembelajaran yang dilaksanakan melalui LMS, CGP (Saya) mendapat jadwal pendampingan individu 1 yang dilaksanakan pada hari senin, tanggal 7 Februari 2022. Berikut hasil pendampingan individu 1 :

https://heyzine.com/

Dan Kegiatan Lokakarya 2 dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 12 Februari 2022. Dan berikut dokumentasi hasil Lokakarya 2 :

https://youtu.be/FLxep0Ncnow

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline