Lihat ke Halaman Asli

Dwi Agustin K SPd MPd

Guru Muda Di SDN Pakistaji 2 Kota Probolinggo

LKPD PKN Aku Patuh Aturan Kelas 2 Semester 1 Kurmer 2024

Diperbarui: 10 Oktober 2024   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LKPD PKN Aku Patuh Aturan Kelas 2 Semester 1 Kurmer 2024

Judul: Aku Ramah dan Patuh di Sekolah

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan aturan di sekolah.
  • Siswa dapat menjelaskan alasan pentingnya mematuhi aturan.
  • Siswa dapat mempraktikkan sikap ramah dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.

Materi:

  • Aturan di sekolah:
    • Aturan saat masuk kelas
    • Aturan saat istirahat
    • Aturan saat bermain
    • Aturan saat pulang sekolah
  • Alasan pentingnya mematuhi aturan:
    • Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman
    • Menjaga keamanan dan ketertiban
    • Menghargai hak teman
  • Sikap ramah:
    • Bersapa
    • Berbagi
    • Membantu teman

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Pembukaan:

    • Guru memulai dengan bercerita tentang pengalaman yang menyenangkan di sekolah ketika semua siswa patuh pada aturan.
    • Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Apa saja aturan yang ada di sekolah kita?"
  2. Kegiatan Inti:

    • Brainstorming: Siswa bersama-sama menyebutkan aturan-aturan yang ada di sekolah. Hasilnya dituliskan di papan tulis.
    • Membuat gambar: Siswa diminta menggambar situasi yang menunjukkan siswa yang patuh dan tidak patuh pada aturan.
    • Bermain peran: Siswa berpasangan dan memerankan situasi di sekolah. Satu siswa berperan sebagai siswa yang patuh dan satu lagi sebagai siswa yang tidak patuh.
    • Diskusi kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan pertanyaan diskusi, misalnya: "Mengapa kita harus patuh pada aturan di sekolah?" atau "Apa yang akan terjadi jika kita tidak mematuhi aturan?"
  3. Penutup:
    • Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
    • Guru memberikan pujian kepada siswa atas partisipasinya.
    • Guru memberikan tugas rumah, misalnya meminta siswa untuk menceritakan kepada orang tua tentang aturan di sekolah dan alasan pentingnya mematuhi aturan.
  4. Penilaian:

    • Penilaian sikap: Diamati selama kegiatan pembelajaran, seperti keaktifan dalam berdiskusi, kerelaan bekerja sama, dan sikap hormat terhadap teman.
    • Penilaian pengetahuan: Melalui pengamatan saat bermain peran dan diskusi kelompok.
    • Penilaian keterampilan: Melalui hasil gambar dan cerita yang dibuat siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline