Lihat ke Halaman Asli

Dwi Aprilytanti Handayani

Kompasianer Jawa Timur

Libur Hari Raya, Saatnya Staycation Ceria Nggak Pakai Drama

Diperbarui: 19 April 2023   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nyamannya Kamar Hotel Santika Kuta, Sumber Foto: Santika Hotels

Libur t'lah tiba
Libur t'lah tiba
Hore! Hore! Hore! (Hore!)

Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh-kesahmu

Libur t'lah tiba
Libur t'lah tiba
Hatiku gembira

Libur t'lah tiba
Libur t'lah tiba
Hore! Hore! Hore! (Hore!)

Tasya yang mendendangkan lagu libur tlah tiba udah gede aja. Tak terasa si kanak-kanak kini udah punya anak. Namun lagu Libur T'lah Tiba masih relevan didendangkan di masa-masa liburan. Maklum hari libur selalu dinanti untuk memberi kesempatan istirahat pada diri sendiri dari rutinitas aktivitas sehari-hari.

Libur lebaran 1444 H telah tiba. Mayoritas sekolah telah libur sejak tanggal 19 April 2023. Instansi pemerintah, kantor-kantor swasta sebagian mengikuti peraturan cuti bersama. Berbagai acara mulai direncanakan untuk mengisi liburan hari raya. Salah satu alternatif berlibur hari raya adalah staycation di hotel terbaik di berbagai kota.

Mengapa staycation bisa menjadi alternatif mengisi liburan yang menyenangkan? Beberapa alasannya adalah:

  • Cocok bagi yang tak punya keluarga atau tidak bisa mudik

Lebaran identik dengan pulang ke kampung halaman. Namun tidak semua orang punya kesempatan untuk mudik. Mungkin kehabisan tiket, atau sudah tidak punya orang tua dan keluarga besar untuk dikunjungi, atau biaya mudik terlalu besar, atau enggan terjebak kemacetan dan memilih mudik tidak di libur lebaran atau karena sesuatu hal jatah cuti tidak bisa diberikan dan berbagai alasan lain sehingga memutuskan untuk tidak  pulang ke kampung halaman. 

Meski tidak bisa mudik namun banyak cara untuk mengisi liburan agar lebih berkesan, staycation di hotel bisa jadi pilihan. Tidur di kamar yang nyaman, menikmati kuliner yang menggugah selera makan dan berbagai fasilitas yang disediakan.

  • Alternatif menginap saat pulang kampung

Pulang kampung adalah saat yang dinantikan, tetapi terkadang akomodasi di kampung halaman kurang memadai, padahal jauh-jauh pulang kampung ingin bermalam dan beristirahat dalam suasana santai. Maka staycation di penginapan menjadi pilihan.

  • Tempat menginap saat berwisata
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline