Lihat ke Halaman Asli

Menjelang Tahun 2012... Bag. 3 (End)

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2011.. 365 hari terasa begitu cepat berlalu, namun pastinya ada banyak hal yang sudah kita pelajari bersama di tahun yang sangat dinamis dan penuh dengan kejutan… mengapa? karena di tahun ini banyak hal yang tidak terduga, khususnya di bidang bisnis, tiba-tiba di mana-mana bisnis baru bermunculan.. Brand-brand baru lahir entah dari mana asalnya..

Lalu what’s next? Kalau mengaca pada tahun 2011, pastinya tahun 2012 akan semakin seru.. persaingan pasar akan semakin memanas.. dan intinya.. siapa yang ber-KARAKTER yang akan survive dan memenangkan pasar.. So, apa yang seharusnya kita lakukan di tahun 2012? Mengutip intisari dari sang guru Marketing, Hermawan Kartajaya, ada 12 poin yang menjadi kunci untuk memenangkan tahun 2012 :

1GET the youthwomennetizen customers for the mindmarket and heart share

YouthWoman, dan Netizen (pengguna internet), bukan Senior, Man, dan Citizen yang menjadi target market setiap bisnis ke depan.. karena ketiganya menjadi subculture yang punya peranan penting dan pengambil keputusan yang membuat para pebisnis harus memeras segenap pikiran, hati, dan tenaga untuk mampu meraih market tersebut. Kalau bisnis kita saat ini belum menyasar market YWN ini, sudah waktunya merepositioing segmentasi bisnis kita.

2KEEP the international market penetration in the turbulent world

Nah, buat yang selama ini melakukan bisnis ekspor, tetap optimis untuk melakukan ekspor di tengah-tengah guncangan bsinis yang tidak menentu, karena perekonomian dunia yang sangat fluktuatif. Tapi tetap saja, the show must go on, ekspor harus jalan terus.. Sebagai negara G-20 yang perekonomiannya mempengaruhi dunia, Indonesia harus tetap optimis mendukung kegiatan ekonomi dunia..

3GROW the big domestic market by widening the coverage

Saatnya untuk ekspansi untuk bisnis-bisnis yang sudah mulai establish.. mengapa? Karena pasar domestik kita sangat besar dan akan terus berkembang, apalagi dengan GDP 3500 USD.. pastinya daya beli akan semakin tinggi, maka harus berani untuk melakukan ekspansi dalam negeri..

4WIN BACK the fast-growing non Java Market

Sadar atau tidak, di luar pulau Jawa, bisnis juga sedang hot-hotnya.. Simak saja Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, Papua, dan masih banyak lainnya yang sedang giat-giatnya mengembangkan bisnis.. pertumbuhan ekonominya pun sangat bagus, jadi bagi yang ingin melakukan ekspansi, berpikirlah ke luar pulau Jawa..

5. Start an INITIAL internet-based offering to tap one of the biggest online markets in the world

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline