Lihat ke Halaman Asli

Kemagisan Tarian Seblang Desa Olehsari Banyuwangi

Diperbarui: 11 Juni 2023   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Banyuwangi telah dikenal sebagai kota yang mempunyai sejuta pesona alamnya yang sangat indah. Alam banyuwangi menyimpan sejarah yang luar biasa yang belum pernah terjadi di daerah manapun. Sejarah yang sangat kental dengan akulturasi budaya menyimpan kemagisan yang hingga saat ini masih menjadi misteri. Budaya yang tidak lepas dari sejarah banyuwangi menciptakan budaya-budaya yang menjadi tradisi hingga saat ini. Budaya yang dilestarikan turun-temurun membuat kota banyuwangi menjadi kota yang dikenal sebagai kota yang menyimpan kemagisan tersendiri.

Seblang adalah tarian khas suku dari Suku Osing, Banyuwangi yang merupakan salah satu tradisi yang sudah cukup tua sehingga sangat sulit diacak asal usul dimulainya. Menurut catatan sejarahnya, penari Seblang pertama yang diketahui bernama Semi dan juga merupakan pelopor tari Gandrung pertama. Namun beliau talah tutup usia pada tahun 1973. Masyarakat Osing sebagai suku asli Kabupaten Banyuwangi mempercayai Seblang merupakan singkatan dari "Sebele Ilang" atau "sialnya hilang". Tradisi tarian seblang ini dilakukan oleh penari wanita yang dipilih secara supranatural oleh dukun setempat yang biasanya memilih dari keturunan penari seblang sebelumnya. Tarian seblang yang ada di kota Banyuwangi khususnya masyarakat suku Osing merupakan bentuk budaya tradisional yang dipercaya untuk menjadi penolak barang masyarakat suku Osing percaya bahwa jika tidak melaksanakan upacara seblang ini maka akan mendapatkan musibah pada daerah yang mereka tinggali sekitar tahun 1960-an adat seblang ini sempat ditinggalkan dengan alasan keamanan karena mengakibatkan sejumlah warga kesurupan tanpa adanya alasan yang jelas. Namun kemudian setelah dilakukan ritual upacara warga yang kesurupan tadi meminta untuk diadakan tradisi seblang sehingga sejak saat itu tradisi seblang terus dilestarikan hingga saat ini.

Tarian seblang Banyuwangi biasanya ditarikan pada dua tempat dan memiliki perbedaan yang cukup terlihat yaitu di daerah Olehsari dan Bakungan. Dua daerah ini memiliki keunikan sendiri dalam melakukan ritual tarian seblang. Hal yang membedakan tarian tersebut adalah waktu pelaksanannya dan penarinya. 

Tarian seblang yang dilakukan di desa olehsari ditarikan oleh penari wanita muda yang belum akhil baliq dan dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut setelah hari raya Idul Fitri. Sedangkan di Desa Bakungan ritual Tari seblang dilaksanakan satu minggu setelah hari raya Idul Adha dan dibawakan oleh penari wanita yang usianya 50 tahun ke atas yang telah mati haid atau menopause dan dilakukan semalam Suntuk di balai desa bakungan. Alat musik yang digunakan oleh tarian seblang dari kedua dea  ini juga berbeda. Alat musik yang mengiringi tarian seblang di desa bakungan hanya terdiri dari satu buah gendang satu buah Gong dan dua buah Saron sedangkan di desa oleh Sari ditambah dengan biola sebagai penambah efek musikal. Tidak hanya itu dari segi busana pun, tarian seblang di desa olehsari dan desa bakungan memiliki perbedaan yang terletak pada omprok atau mahkotanya. 

Omprok yang dipakai oleh penari seblang di desa Olehsari terbuat dari pelepah pisang yang disuwir-suwir hingga menutupi sebagian wajah penari di bagian atasnya diberi bunga-bunga segar yang biasanya diambil dari kebun atau area sekitar pemakaman dan ditambah dengan sebuah kaca kecil yang ditaruh di bagian tengah omprok sedangkan omprok yang digunakan oleh penari seblang di desa Bakungan sangat menyerupai omprok yang dipakai dalam pertunjukan gandrung hanya saja bahan yang dipakai terbuat dari pelepah pisang dan dihiasi bunga-bunga segar meski tidak banyak seperti penari seblang di Desa Olehsari.

Seblang merupakan ritual upacara yang dilakukan untuk bersih desa dengan tujuan menolak bala. Seblang sendiri sangat dikenal dengan pementasan kesenian sakral yang berbau mistis/magis. Prosesi ritual seblang digelar di tengah Desa Olehsari yang diawali oleh seorang pawang sekaligus tokoh adat setempat yang membawa penari seblang ke panggung untuk memasang mahkota khusus yang disebut omprok. Kemudian mata sang penari seblang ditutup oleh ibu-ibu yang berada di belakangnya sambil memegang nampan bambu yang disebut tampah. Pawang tersebut mengasapi sang penari seblang dengan dupa sambil mengucap mantra agar roh leluhur masuk ke dalam tubuh sang penari.

Proses masuknya roh diawali gending loginto yang dipercaya oleh masyarakat sebagai pemanggil arwah atau suatu kekuatan halus untuk datang ke ritual seblang lalu dilanjutkan dengan 28 lantunan lagu atau gending yang dibawakan oleh sinden dan penabuh musik yang masih mempunyai darah seblang dari penari-penari seblang sebelumnya roh yang sudah masuk dalam tubuh penari dapat dilihat dengan menggoyangkan tubuh penari dan apabila tampah bambu yang digunakan penari jatuh dan badan penari terjungkal ke belakang, itu adalah tanda penari sudah kerasukan roh dan tanda pertunjukan akan dimulai. Penari seblang yang sudah kesurupan tadi mulai menari dengan gerakan tarian yang monoton, mata terpejam dan mengikuti arah sang pawang serta irama gending yang dimainkan.

Ada salah satu lagu atau gending spesial yaitu gending "Kembang Darmo" yang dibawakan penari seblang membawa wadah yang berisi bunga bernama Bunga Darmo. Hal inilah yang disebut prosesi gending kembang Dermo atau seberang menjual yang menjadi bagian dari ritual seblang olehsari. Bunga dalam proses ini pawang akan mengeluarkan nampan berisi bunga yang ditancapkan pada sebatang bambu kecil terdiri dari tiga kuntum bunga kemudian bunga tersebut akan diasapi dengan dupa lalu bunga tersebut akan dijual kepada penonton. 

Kembang Dermo inilah yang dipercaya sebagai tolak bala untuk mengusir pengaruh-pengaruh jahat, bala penyakit, memberi keselamatan dan keberuntungan. Bunga-bunga yang telah dibeli tersebut akan disimpan untuk anak-anak atau diletakkan pada suatu tempat tertentu baik di dalam rumah, di luar rumah, maupun di sawah. Tidak hanya itu, masih ada prosesi yang disebut sebagai prosesi "Tundikan" yang mana penari seblang mengundang tamu atau penonton untuk menarik bersama dan masih dalam kondisi tak sadarkan diri. Penari akan melempar selendangnya ke arah penonton dan yang mengenai selendang tersebut penonton harus maju dan ikut menari bersama penari, jika tidak maka akan dikejar hingga penari yang terkena selendang tersebut mau menari bersama penari seblang. Biasanya para penonton berharap bisa dipilih untuk menari bersama penari seblang karena dipercaya akan mendapat keberuntungan.

Pada hari ketujuh seblang akan diarak keliling desa yang disebut sebagai "Ider Bumi". Penari akan berjalan beriringan bersama pawang, sinden dan seluruh perangkat menuju 4 penjuru. Penjuru yang dituju adalah situs Mbah Ketut yang dianggap awal berdirinya Desa Olehsari lahan pertahanan, Sumber Tengah dan berakhir di balai desa. Prosesi tersebut mengakhiri ritual proses Tari seblang Olehsari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline