Lihat ke Halaman Asli

DOLI RAMADHAN

Saya di Pancur Batu

Sistem Tertanam

Diperbarui: 19 Agustus 2020   03:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jika kita berbicara tentang ilmu komputer, mungkin beberapa dari kita pernah mendengar yang namanya sistem tertanam. Tidak dapat kita pungkiri, rata-rata masyarakat lebih mengetahui ilmu komputer itu lebih berhubungan dengan program, aplikasi, game, dan lain-lain. Nyatanya, sistem tertanam termasuk salah satu bagian terpenting di dalam sebuah komputer atau alat-alat yang canggih di dunia ini. Nah, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang sistem tertanam.

Apa itu sistem tertanam ?

Sistem Tertanam merupakan sebuah sistem (rangkaian elektronik) digital yang merupakan bagian dari Sebuah sistem yang lebih besar, yang biasanya bukan berupa sistem elektronik. Secara umum, sistem tertanam dirancang untuk aplikasi tertentu (application specific system). Contoh pengaplikasiannya adalah instrumentasi medik, automated vehicles control, dan perangkat komunikasi. Berbeda dengan sistem digital yang dirancang untuk general purpose. Umumnya, sistem tertanam diimplementasikan melalui microcontroller. Sistem tertanam memberikan respon secara real time dan banyak digunakan di peralatan digital, salah satu nya yaitu jam tangan. 

Sejarah sistem tertanam.

Awal tahun 1960-an Sistem tertanam pertama dikenali adalah apollo guidance computer yang dikembangkan oleh Charles stark deaper  di MIT instrumentasi laboratorium. Apollo Guidance Computer (AGC) merupakan on-board digital computer (papan komputer digital) yang diinstall di setiap acecraft program Apollo, baik Command Module (CM) dan Lunar Module (LM). Untuk mendukung spacecraft guidance, navigasi dan kontrol, Disediakan onboard computation. Apollo flight computer adalah yang pertama menggunakan Integrated Circuit (IC). Versi Blok I digunakan 4.100 IC, masing-masing berisi gerbang logika single 3-input NOR l. Software AGC ditulis dalam bahasa assembly AGC.
RAM: 2K words
ROM: 36K words
Both had cycle times of 11.72 micro seconds. 

The memory word length : 16 bits, 15 bits of data and 1 odd-parity bit. Perlu diketahui, di tahun 1961 sistem tertanam yang pertama kali di jual serta di produksi secara massal adalah Autonetics -17 guidance computer untuk di terapkan di rudal Minuteman. Dibangun dari transistor logika dan memiliki hard disk sebagai penyimpanan utama. Karena telah ditemukannya IC (integrated circuit), pada tahun 60-an sistem tertanam mengalami peningkatan produksi dan mengalami penurunan harga. Di masa itu banyak sistem yang dikembangkan untuk melakukan tugas yang lebih canggih dan kompleks. Microprosesor pertama intel 4004  berhasil gunakan untuk membuat kalkulator dan sistem lainnya. Sistem tersebut membutuhkan penyimpanan tambahan dan chip pendukung.

Perkembangan sistem tertanam daat ini adalah :

  1. Signal processing systems Real-time video, set-top boxes, DVD players, medical equipment, residential gateways.
  2. Network routers, switches, firewalls, mass transit systems, elevators
  3. Distributed control
  4. Small system Mobile phones, pagers, home appliances, toys, smartcards, MP3
    players, PDAs, digital cameras, sensors, smart badges.

Penerapan sistem tertanam.

  • Aerospace : Sistem navigasi,sistem
    pendaratan otomatis, flight
    attitude controls, engine controls, space exploration (seperti : The mars pathfinder)
  • Otomotif : Fuel injection control, passenger environmental controls, anti locking braking systems, air bag controls, GPS mapping, cruise control.
  • Mainan anak : Video games, dan Mindstone system
  • Media komunikasi : Satelite, network routers, switches, hubs.
  • Perangkat keras komputer : Printer, scanner, keyboard, displays, modems, hard disk, CD-ROM, USB.
  • Rumah tangga : Mesin cuci, microwave oven, VCR's, DVD, televisi, stereo, sistem alarm keamanan atau kebakaran, lawn sprinkler controls,thermostats, kamera digital, clock radios, cell phones.
  • Industri : Elevator controls, surveillance systems, robot.
  • Instrumentasi : Data collection, oscilloscopes, signal generators, signal analyzers, power supplies.
  • Perorangan : PDA, pager, IPOD, MP3
    player, telepon selular.
  • Alat kantor : Mesin FAX, mesin fotocopy,
    telepon.
  • Kesehatan : CT, one touch glucose meter, dan hampir semua fasilitas rumah sakit.

Jadi, begitulah penjelasan singkat mengenai sistem tertanam. Dapat kita pahami bahwa Ilmu komputer bukan hanya berbicara tentang program, aplikasi, dan game tetapi Ilmu komputer juga berbicara tentang mengenai hal-hal yang lebih kompleks seperti sistem tertanam. Dan juga sistem tertanam adalah salah satu unsur terpenting dalam pembuatan alat-alat canggih di dunia ini .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline