Saat ini kewirausahaan menjadi fokus utama dalam mengembangkan ekonomi dan pembangunan sosial di Indonesia. Di era industri 5.0 yang semakin kompetitif ini, penting bagi soerang mahasiswa untuk memiliki keterampilan dan kemampuan berwirausaha yang kuat agar dapat menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Guna mendukung perkembangan ini, Sebuah universitas memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mendorong serta mengembangkan kegiatan kewirausahaan mahasiswa.
Dalam hal ini universitas memiliki peran untuk memberikan pendidikan serta pelatihan yang relevan dalam berwirausaha kepada mahasiswa dengan cara memberikan program khusus tambahan atau memberika mata kuliah yang berfokus pada pembekalan berwirausaha termasuk kepada aspek-aspek seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran produk, dan keterampilan kepemimpinan. Dengan pendidikan yang kuat dalam hal tersebut dapat memberikan mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai dan mengelola usaha yang akan dijalankan di masa depan.
Selain itu sebuah universitas juga dapat mengadakan pameran dan kompetisi kewirausahaan guna memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide bisnis yang mereka miliki. Dari kegiatan tersebut mahasiswa dapat mengasah kemampuan berwirausahanya secara langsung dan dapat menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didaatkan selama mengikuti kursus atau mata kuliah yang ada di universitasnya. Kegiatan ini juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis inovatif. Dengan adanya pameran atau kompetisi seperti itu juga dapat menjadi sebuah ajang bagi mahasiswa untuk menjalin relasi dengan pengusaha yang mapan dan investor potensial.
Salah satu contoh universitas yang telah menerapkan program pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa adalah Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Setidaknya selama dua tahun terakhir ini Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mampu memberikan wadah bagi mahasiswanya untuk pengembangkan potensi dalam berwirausaha dalam bentuk program mata kuliah perencanaan bisnis. Di dalam mata kuliah tersebut mahasiswa diwajibkan membuat sebuah produk yang nantinya akan menjadi tugas praktikum dalam bentuk kelompok mahasiswa yang terdiri dari 3-5 orang.
Sebelum mahasiswa terjun langsung membuat sebuah produk, seluruh mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan mengenai dasar-dasar beriwirausaha, melakukan perencanaan bisnis, mengelola manajemen keuangan dan belajar memasarka produk yang mereka buat. Selama proses pembuatan produk, setiap dosen selalu mengawasi perkembangan pembuatan produk dari mulai perencanaan, pengembangan inovasi, pengelolaan keuangan dan teknik pemasaran yang dilakukan yang nantinya hasil perencanaan bisnis tersebut akan dipresentasikan.
Puncak dari program mata kuliah perencanaan bisnis ini adalah seluruh mahasiswa diwajibkan menjual produk yamg sudah disetujui oleh dosen selama satu bulan penuh dan di akhir masa penjualan produk tersebut Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga mengadakan sebuah kegiatan berupa bazar yang bertajuk "Entrepreneur Day". Dalam bazar tersebut seluruh kelompok yang ada diwajibkan menjual produknya selama kegiatan berlangsung.
Untuk memeriahkan bazar tersebut Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memberikan tantangan atau perlombaan berupa penilaian jumlah omset terbanyak selama bazar berlangsung dan juga perlombaan booth dengan dekorasi terbaik. Dengan adanya komptisi tersebut akan memotivasi seluruh kelompok agar lebih bersemangat dalam menjajakan produknya. Hal tersbut juga memicu seluruh kelompok lebih kreatif dalam menggunakan teknik pemasaran yang menarik dan menghias booth sedemikian rupa agar dapat memenangkan kompetisi tersebut.
Selain mengadakan kompetisi, di dalam bazar tersebut juga diberikan hiburan seperti live musik dari mahasiswa dan ada juga pemberian edukasi berupa talk show bersama narasumber yang berkompeten di bidang kewirausahaan. Dengan demikian tak hanya fokus dalam mengasah kemampuannya dalam berwirausaha, mahasiswa juga dapat menerima ilmu yang bermanfaat dari pembiara talk show tersebut sehingga ilmu yang dimiliki dapat semakin baik dalam berwirausaha.
Dengan demikian Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah menyediakan pendidikan yang relevan dengan mengadakan pameran dan kompetisi guna mengembangkan potensi berwirausaha mahasiswa dan menyalurkan ide-ide bisnis mereka. Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memberikan limgkungan yang kondusif bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan berinovasi dalam berwirausaha. Dengan memperkuat kewirausahaan mahasiswa, Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan kontribusi yang berarti dalam membangun ekonomi yang inovatif dan berkelanjutan.