Lihat ke Halaman Asli

Dustin Wahana Iqbar

Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Aplikasi Digital Solusi Perkembangan Zaman pada Industri Penerbitan

Diperbarui: 6 Februari 2023   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan bisnis penerbitan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya penerbitan buku di Indonesia didominasi oleh penerbitan buku pelajaran sekolah dan buku pelajaran universitas, namun kini mulai berkembang menjadi penerbitan buku nonfiksi, fiksi dan buku anak.

Teknologi digital berperan penting dalam perkembangan bisnis penerbitan di Indonesia. Ada banyak penerbit yang mulai menawarkan konten digital, seperti e-book dan aplikasi seluler, sebagai cara untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Ini membantu meningkatkan aksesibilitas buku, serta membantu penerbit meningkatkan penjualan mereka.

Secara keseluruhan, perkembangan bisnis penerbitan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital dan e-commerce, yang memungkinkan penerbit untuk menjangkau lebih banyak pembaca dan meningkatkan penjualan. Namun, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti masalah distribusi dan promosi yang masih kurang efektif. Oleh karena itu perusahaan penerbit di Indonesia perlu melakukan perombakan bisnis atau lebih dikenal dengan istilah business remodeling.

Contoh Business Remodeling yang Dapat Dilakukan

Remodeling bisnis penerbitan dapat mencakup berbagai aspek, seperti perubahan dalam model bisnis, strategi pemasaran, atau teknologi yang digunakan. Beberapa contoh remodeling bisnis penerbitan yang dapat dilakukan adalah:

1. Membuat platform e-commerce

Dengan mengoptimalkan penjualan produk secara daring pada platform e-commerce, perusahaan penerbitan dapat meningkatkan pendapatan dan dapat menjangkau lebih banyak pembeli karena pembeli dapat membeli produk dimana saja dan kapan saja tanpa perlu repot pergi ke toko buku.

2. Fokus pada pemasaran konten

Perusahaan penerbitan dapat memfokuskan pemasaran pada konten yang spesifik dan menyesuaikan trend atau momen yang sedang terjadi.

3. Membuat kolaborasi dengan perusahaan lain

Perusahaan penerbitan dapat bekerja sama dengan perusahaan lain dalam bidang yang berbeda, seperti teknologi, e-commerce, atau distribusi, untuk meningkatkan bisnis penerbitan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline