Lihat ke Halaman Asli

Durrotun Nimah

Mahasiswa IAIN Kudus

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PPL, Dosen Pembimbing Lapangan Harap agar Mahasiswa Lebih Aktif

Diperbarui: 31 Juli 2023   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Kudus, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus diwajibkan melaksanakan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang sudah ditentukan oleh pihak fakultas. Termasuk Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
ISK (Info Seputar Kudus) salah satu tempat tujuan PPL. PPL sedang berlangsung dari tanggal 26 juni- 26 Juli 2023. Dan monitoring DPL bersama peserta PPL dengan ISK yang berlangsung pada, Senin pagi (10/07/2023)

Kegiatan monitoring, penilaian kinerja yang bertujuan untuk mengetahui kinerja peserta PPL. Selain itu, kegiatan monitoring ini juga bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap tempat PPL yang sedang dilaksanakan, serta mengidentifikasi masalah yang timbul dalam kinerja semasa PPL berlangsung agar dapat segera ditindak lanjuti.

Monitoring dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat kendala selama proses PPL berlansung, baik itu dari ISK selaku tempat PPL atau mahasiswa PPL. Ini juga bertujuan untuk menerima masukan dari DPL PPL agar kedepannya kegiatan PPL  bisa ditingkatkan lagi.

Kehadiran Mahasiswa PPL yang telah berjalan dua Minggu mendapatkan respon positif  dari pihak ISK Kudus. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang staf di ISK, Chusna Nor Fitriana. Peserta PPL melaksanakan tugas sesuai dengan arahan pembimbing PPL di ISK.

"Mahasiswa PPL telah melaksanakan tugas sesuai dengan arahan dari pembimbing PPL di ISK. bagi mahasiswa yang mengikuti PPL untuk bisa lebih komunikatif lagi kepada semua pegawai ISK." ujar Chusna Nor Fitriana selaku pembimbing dari ISK

Mahasiswa PPL berjumlah 9 orang terbagi menjadi 2 kelompok kecil yg terdiri dari 4 sampai 5 orang. dan kita masukkanya bergantian antara kelompok 1 dan kelompok 2. disana kita mendapatkan tugas membuat pamflet ucapan, berita, reportase, edit video, ditambah lagi kita harus terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan tugas tersebut.  

Primi Rohimi memberikan masukan kepada ISK agar mahasiswa yang mengikuti PPL diajak untuk terjun langsung ke lapangan agar tidak hanya fokus kegiatan di kantor ISK. "mahasiswa PPL sekiranya bisa ikut terjun langsung ke lapangan Bersama jurnalis ISK agar bisa tahu bagaimana kinerja yang dilakukan di lapangan" ujar primi rohimi selaku dosen pembimbing lapangan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline