Lihat ke Halaman Asli

Sayangi Lingkungan

Diperbarui: 21 Juni 2024   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sayangi Lingkungan/dokpri

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Lingkungan abiotik: Merupakan komponen lingkungan yang tidak hidup, seperti tanah, air, udara, cahaya, dan energi.
2. Lingkungan biotik: Merupakan komponen lingkungan yang hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.
Komponen-Komponen Lingkungan

Lingkungan terdiri dari berbagai komponen yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Berikut adalah beberapa komponen utama lingkungan:
1. Tanah: Tanah merupakan tempat hidup bagi berbagai macam tumbuhan dan hewan. Tanah juga berfungsi sebagai sumber air, makanan, dan bahan baku untuk berbagai kebutuhan manusia.
2. Air: Air merupakan komponen penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Air digunakan untuk minum, mandi, memasak, mengairi tanaman, dan keperluan industri.
3. Udara: Udara merupakan campuran gas yang diperlukan untuk bernapas bagi manusia dan hewan. Udara juga berfungsi sebagai tempat hidup bagi berbagai macam burung dan serangga.
4. Cahaya: Cahaya matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi. Cahaya matahari membantu tumbuhan untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan.
5. Energi: Energi diperlukan untuk semua kegiatan manusia, seperti memasak, transportasi, dan industri. Energi dapat berasal dari berbagai sumber, seperti matahari, angin, air, dan batu bara.

Masalah-Masalah Lingkungan
Saat ini, lingkungan sedang menghadapi berbagai macam masalah, seperti:
1. Pencemaran lingkungan: Pencemaran lingkungan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sampah, limbah industri, dan asap kendaraan. Pencemaran lingkungan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan ekosistem.
2. Perubahan iklim: Perubahan iklim menyebabkan suhu bumi meningkat dan pola cuaca menjadi tidak menentu. Perubahan iklim dapat berdampak buruk bagi kehidupan manusia, seperti kekeringan, banjir, dan badai.
3. Penggundulan hutan: Penggundulan hutan menyebabkan hilangnya habitat bagi berbagai macam hewan dan tumbuhan. Penggundulan hutan juga dapat menyebabkan erosi tanah dan banjir.
4. Kehilangan keanekaragaman hayati: Kehilangan keanekaragaman hayati terjadi ketika spesies hewan dan tumbuhan punah. Kehilangan keanekaragaman hayati dapat berdampak buruk bagi keseimbangan ekosistem.

Upaya-Upaya Pelestarian Lingkungan
Untuk mengatasi masalah lingkungan, perlu dilakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan, seperti:
1. Pengurangan sampah: Sampah dapat dikurangi dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
2.Penanaman pohon: Penanaman pohon dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah erosi tanah.
3. Mendaur ulang sampah: Daur ulang sampah dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan menghemat sumber daya alam.
4. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai: Gunakan tas belanja kain, botol minum isi ulang, dan wadah makanan yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi sampah plastik.

Referensi Jurnal:

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Masyarakat di Kota Surabaya" oleh M. Sholeh et al. (2018): Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 13 No. 2, p. 123-128.

Pengelolaan Sampah Plastik di Kota Malang: Studi Kasus di Kelurahan Bunulrejo" oleh A.R. Dwi Astuti et al. (2019): Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya, Vol. 18 No. 1, p. 1-8.

Upaya Konservasi Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Gunung Leuser" oleh B.N. Marlina et al. (2020): Jurnal Biodiversitas, Vol. 31




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline