Lihat ke Halaman Asli

Duri Dyah Purwaningsih

Guru matematika

Demontrasi Kontekstual Modul 3.3

Diperbarui: 16 Juni 2022   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

DEMOSTRASI KONTEKSTUAL

PROGRAM PEMILIHAN DEWAN GALANG

GUDEP 179 DAN 192

SMP NEGERI 6 PURWODADI

Tujuan:

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan (gotong royong, mandiri, berfikir kritis, kreatif dan inovatif, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa) didalam diri penggalang Gudep 179 dan 192 SMP Negeri 6 Purwodadi

Latar Belakang :

Filosofi pendidikan yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara didalam trilogi pendidikannya "Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" , dimana seorang guru didepan dia menjadi contoh, ditengah menuntun dan dibelakang memberi motivasi.  Dari filosofi ini menggambarkan bahwa seorang guru tidak diperkenankan untuk memaksakan kehendaknya kepada murid diluar kodratnya. Guru haruslah menuntun murid sesuai dengan kodratnya,  sehingga dapat membentuk karakter murid yang sesuai seusai dengan profil pelajar Pancasila.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menumbuh kembangkan karakter murid, begitu pula karakter kepemimpinan murid. Didalam karakter kepemimpinan murid ini murid mampu bergotong royong, berfikir kritis, kreatiatif dan inovasi serta murid mampu mengontrol emosional dalam diri sebagai kekuatan positif yang ada dalam diri murid.

Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

Didalam pembentukan jiwa kepemimpinan murid maka karakter yang ditumbuh kembangkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline