CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lewati, dan apa yang harus mereka pertimbangkan kemudian dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid
Yang Menarik Bagi saya setelah mempelajari Program Berbasis Anak
Saya dapat memahami tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah sehingga dapat diidentifikasi dan dijadikan sebagai program yang berdampak pada murid.
Saya belajar bagaimana tahapan pengelolaan program yang efektif serta mengevaluasi program yang sudah berjalan dengan strategi MELR dan tahapan BAGJA
Apa yang mengejutkan yang anda temukan mengenai pengelolaan program yang berbasis anak
- Program efektif yang berdampak pada murid sesuai kebutuhannya
- Merancang program dengan mengacu pada BAGJA
- Menggunakan strategi MELR (Monitoring, Evaluating, Learning dan Reporting)
Perubahan apa yang anda lakukan setelah mempelajari materi ini
- Membuat program yang berpihak pada murid dengan memberdayakan aset yang ada di sekolah
- Merancang program dengan menggunakan tahapan BAGJA
- Mengevaluasi program yang sudah berjalan
Hal apa yang menantang dari modul ini
Hal yang menantang bagi saya adalah ketika saya harus mengidentifikasi aset yang dimiliki sekolah untuk menyusun program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pendekatan BAGJA
Sumber dan dukungan yang saya miliki adalah dari:
- Keluarga
- Kepala Sekolah
- Rekan sejawat
- Peserta didik
- Aset sekolah dan sarana prasarana