Lihat ke Halaman Asli

Melestarikan Hutan Melestarikan Kehidupan

Diperbarui: 28 Maret 2019   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sabtu lalu, 23 maret 2019, saya mendapatkan kesempatan berharga dapat hadir di tengah-tengah para blogger dalam acara Forest Talk with Bloggers "Menuju Pengelolaan Hutan Lestari". Kesempatan yang tidak datang dua kali, tentunya.

Hadir di tengah-tengah kami, di Kuto Besak Theatre Restaurant, para pembicara hebat yang sudah terkenal dalam bidang pelestarian kehutanan.

Sebut saja, Dr. Amanda Katili Niode, Manager Climate Reality Indonesia, Dr. Atiek Widayati, Tropenbos Indonesia, Ir. Murni Titi Resdiana,MBA, dari Kantor Utusan Khusus Presiden bidang Pengendalian Perubahan Iklim dan Bapak Janudianto perwakilan dari APP Sinar Mas dan dimoderatori oleh mas Amril Taufik Gobel

dokpri

Ibu Dr. Amanda membuka acara sekaligus menjadi pembicara pertama hari itu. Dalam kata sambutannya, ibu Dr. Amanda menceritakan tentang Yayasan Dr. Sjahrir yang selama ini sangat peduli dengan Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup. 

Sedangkan The Climate Reality Project sendiri menitikberatkan pada isu-isu perubahan iklim dan solusinya. Dari latar belakang kedua organisasi inilah sebenarnya acara ini terselenggara. Kita harus melihat hutan dari berbagai sisi; manfaat dan masalahnya.

Dalam materinya, ibu Dr. Amanda hari itu benar-benar membuka wawasan saya tentang apa yang sedang terjadi pada bumi kita saat ini.

Kekhawatiran saya rasakan setelah tahu berapa jumlah plastik yang digunakan oleh seluruh dunia setiap tahun.

dokpri

Yup. 1 triliun. Beban berat bagi bumi dan makhluk hidup yang mendiaminya. Pernah baca kan kalo microplastik bahkan sudah terdeteksi di lautan dan menjadi "santapan" makhluk hidup laut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline