Lihat ke Halaman Asli

Mulai dari Diri Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Diperbarui: 18 Juli 2024   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan.

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Ketika saya di observasi oleh kepala sekolah saya merasa agak canggung atau tegang kenapa? karena saya merasa sedang di uji dan dinilai. Hal ini saya rasakan di awal-awal observasi kepala sekolah saya. Setelah beberapa kali saya di observasi saya percaya dengan kemampuan saya dan melihat bahwa observasi merupakan suatu kesempatan saya untuk belajar dan berkembang, lebih terbuka dan bahkan terkadang antusias. 

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Saat saya di Observasi

Sebelumnya saya telah menyusn rencana pelaksanaan pembelajaran yang ditail dan telah mempersiapkan materi yang menarik untuk murid-murid saya. Selama observasi, saya merasa sedikit tegang tetapi saya  berusaha untuk tetap fokus pada pelaksanan kegiatan belajar mengajar. Saya mencoba untuk terus berinteraski dengan murid-murid, menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan yang tidak kalah penting saya selalu berusaha memastikan semua murid untuk terliabt dalam proses pembelajaran. 

Pasca Kegiatan Observasi

Setelah observasi selesai biasanya kepala sekolah dengan saya duduk bersama untuk mendisksikan hasil observasi. Terkadang merasa cemas menuggu umpan balik namun terkadang antusias untuk belajar dari pengalaman ini. Kepala sekolah memberikan umpan balik berupa kekuatan yang saya miliki seperti kemampuan saya untuk membuat kelas teras aktif dan memotivasi murid-murid. 

Kepala sekolah juga memberikan supaya saya meningkatkan meningkatkan metode dan memperhatikan kebutuhan setiap murid khususnya yang yang lebih lambat dalam memahami materi. Saya menerima umpan balik yang diberikan oleh kepala sekolah dengan terbuka dan membuat rencana tindak lanjut dalam mengimplementasikan saran tersebut. Saya memandang ini sebagai kesempatan saya untuk tumbuh, berkembang dan meningkatkan kinerja saya sebagai guru.   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline