Lihat ke Halaman Asli

Dudi safari

Pegiat Literasi

Benarkah Adam Dilahirkan?

Diperbarui: 22 Juni 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

babysparks.com

Bentangan waktu yang tidak terlalu jauh dari masa kini ke masa nabi Adam As., menuntut bagi sebagian ilmuwan mencari jawaban tentang siapakah sebenarnya manusia pertama di muka bumi ini. Bentangan waktu itu kisaran 8000 tahun yang lalu.

Jika kita runut ke belakang dari masa sekarang ke masa nabi Muhammad Saw. sekitar 15 abad. Nabi Muhammad Saw. ke nabi Isa As. 6 abad, nabi Isa As. lahir di awal tahun pertama perhitungan Masehi.

Sementara nabi Musa As. lahir sekitar 1500 SM, nabi Ibrahim As. lahir sekitar 2000 SM, nabi Nuh As. diperkirakan lahir pada tahun 4000 sebelum Masehi dan nabi Adam As. diperkirakan hidup pada tahun 6000 sebelum Masehi.

Dengan demikian nabi Adam As. hidup di kisaran periode lahirnya spesies Homo Sapiens, dengan bentangan waktunya sangat jauh sekali. Jadi nabi Adam As. tidak termasuk dalam kategori manusia purba, karena Homo Sapiens (manusia modern) itu jauh telah berlalu sebelumnya.

Untuk lebih jelas menggambarkan rentang waktu betapa belum jauhnya peradaban manusia sampai ke masa nabi Adam As., berikut dapat dilihat dari silsilah nabi -- nabi mulai dari nabi Muhammad Saw.:

Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudlhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan bin Add bin Hamaisa' bin Salaman bin 'Awash bin Bawash bin Qamwal bin Ubay bin 'Awam bin Nasyid bin Hiza bin Buldas bin Yadlav bin Thabakh bin Jahim bin Nahisy bin Makha bin 'Aidl bin 'Abqar bin Ubaid bin Addi'a bin Hamdan bin Sanbar bin Yatsraba bin Yahzan bin Yalhan bin Ar'awa bin 'Aidl bin Disyan bin 'Aishar bin Afnad bin Ayham bin Maqshar bin Nahits bin Zarah bin Sama bin Maza bin 'Audlah bin 'Aram bin Qaidar bin Ismail 'alaihissalam bin Ibrahim 'alaihissalam bin Tarakh bin Nahur bun Saru' bin Ra'u bin Falakh bin 'Abar bin Syalakh bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh 'alaihissalam bin Lamuk bin Matusyalkha bin Akhnukh bin Yard bin Mahlaail bin Qinan bin Ainusy bin Syits bin Adam As. (berita.99.co).

Paling tidak itulah gambaran silsilah nabi-nabi yang dapat kita ukur rentang waktu di antara mereka. Paling tidak nabi Adam As. hidup di masa 8000 tahun sebelum Masehi sampai 6000 tahun sebelum Masehi, di masa itu sudah mulai terjadi revolusi pertanian (Wikipedia). Dengan demikian yang sebelumnya manusia berkehidupan no maden (tidak menetap) kini mulai menetap, bercocok tanam dan menjinakkan hewan.

Revolusi pertanian yang dimulai sekitar 8000 sampai 5.000 sebelum Masehi adalah bukti bahwa manusia saat itu telah memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan cara menetap atau berkoloni. Revolusi pertanian pertama kali terdapat di wilayah Hilal Subur.

Hilal subur atau bulan sabit subur adalah kawasan Timur Tengah sekarang sekitar Irak, Yordania, Palestina dan Lebanon serta Mesir bagian utara.

Tanaman yang dibudidayakan ialah kacang arab, kacang tanah, gandum dan sebagainya. Sementara binatang yang diternak seperti sapi, kambing, babi dan kuda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline