Lihat ke Halaman Asli

Dudi safari

Pegiat Literasi

Letakkan Gelasmu maka Bebanmu Akan Hilang

Diperbarui: 27 Februari 2023   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dari Aef Go Blog Wordpress.com

Dalam satu kelas belajar, seorang guru mencoba mendeskripsikan cara melepaskan diri dari masalah kehidupan.

Dia mulai membuka pembicaraan dengan satu pertanyaan sambil memegang sebuah gelas berisi air. "Apa yang kalian rasakan jika gelas ini kalian angkat?," seorang siswa menjawab. "Tidak merasakan apa-apa kecuali hanya sekadar seperti membawa beban kecil biasa saja." Selanjutnya guru berkata lagi, "bagaimana jika kita tahan selama 5 menit saja, apa yang kalian rasakan?" Murid lain pun berkomentar, "tentu kita akan merasa sedikit kesemutan dan merasa terganggu gerakan kita karena menahan gelas air tersebut."

Sang guru pun melanjutkan pertanyaannya. "Bagaimana seandainya seharian kalian memegang gelas berisi air ini apa yang akan kalian rasakan?" Murid yang lain menjawab, tentu kita akan benar-benar merasa terganggu dan merasa terbebani dengan gelas tersebut." "Ya betul," Jawab sang guru.

Itulah masalah yang sering kali datang di hadapan kita saat masalah menerpa kita kemudian kita simpan masalah itu, masalah akan datang cuman selintasan saja seumpama gelas tadi yang kita angkat, sebentar untuk minum kemudian disimpan lagi.

Sementara jika kita membiarkan masalah itu dalam pikiran kita mengendap walau sebentar hidup kita akan terpengaruhi oleh masalah tersebut seperti halnya saat membawa gelas yang kedua tadi dan apalagi jika kita menggenggam gelas seharian maka seolah-olah kita membiarkan masalah itu mengikuti kalian seharian sehingga kita tidak bisa berpikir lepas dari masalah itu karena masalah itu ada dalam kehidupan kita.

Oleh karenanya Jika kita ingin terbebas dari masalah, letakkan gelasmu maka bebanmu akan hilang. Lepaskan masalahmu jangan sampai merongrong aktivitasmu maka pasti kehidupanmu akan lebih baik.

Rilekslah dalam menghadapi hidup abaikan semua masalah agar dapat menggapai solusi. Hantaman berbagai masalah terhadap seseorang yang sifatnya eksternal dapat dengan mudah dihalau.

Namun saat hantaman masalah datangnya dari dalam yakni mindset seseorang saat seseorang terus memikirkan masalah maka itu merupakan masalah baru bagi dia ibarat di atas menggambarkan hal tersebut bagaimana kita terlepas dari masalah seperti teori gelas tadi.

Kekhawatiran yang begitu sangat akan memengaruhi pribadi seseorang dalam aktivitas sehari-hari, semakin kencang kita memikirkan sesuatu semakin kuat memengaruhi aktivitas kita.

Dalam teori kesehatan dikenal bahwa yang memengaruhi tubuh menjadi lemah bukan hanya sekedar faktor eksternal seperti datangnya virus atau bakteri yang menyerang tubuh manusia, tapi selain itu ada faktor internal yang sangat berpengaruh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline