Salah satu tugas Dosen dalam bidang pengajaran ialah membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya atau skripsi. Di mana dengan membantu dalam proses pembimbingan mahasiswa banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh secara langsung pada Dosen tersebut.
Secara prosedur mahasiswa sebenarnya dapat memilih Dosen yang akan membimbingnya nanti, tentunya dengan mengajukan proposal melalui jalur sidang uji proposal terlebih dahulu.
Dengan sidang uji proposal dapat diketahui kelayakan dari seorang mahasiswa dalam skripsinya tersebut dengan mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya, penguasan materi, kesesuaian dengan bidang yang ia pilih (biasanya menjelang semester akhir ada mata kuliah pilihan minat), style mahasiswa dan yang lebih penting ketersedian dosen dalam kajian yang dipilih oleh mahasiswa tersebut. Misalnya saja jika mahasiswa tersebut memilih konsetrasi kecerdasan buatan, tentunya dalam hal ini Kaprodi harus menyelaraskan dengan ketersedian Dosen di prodinya yang expert dalam bidang tersebut.
Sebenarnya jika mahasiswa pintar dalam memilih strategi, bisa saja mahasiswa tersebut sudah mengambil tema skripsi saat menjelang semester akhir (dalam hal ini semester 6 dan 7).
Biasanya beberapa Dosen termasuk saya suka memberikan tugas mata kuliah dalam bentuk proyek akhir, dan setiap mahasiswa diwajibkan membuat proposal penelitian sedangkan produk atau aplikasinya dapat berbentuk prototype. Dengan kondisi itu bisa saja mahasiswa langsung menentukan tema dan langsung memilih Dosen yang sesuai dengan skemanya.
Seorang Dosen memiliki keuntungan dari proses bimbingan terhadap mahasiswa:
1. Ilmu selalu di-update
Dengan membimbing secara tidak langsung ilmu Dosen akan bertambah secar significant. Terkadang kita dapat mengetahui ilmu baru maupun memperkaya khasanah ilmu dari mahasiswa. Mengapa bisa seperti itu?
Hal ini bisa dipengaruhi karena salah satu faktornya yaitu mahasiswa mempunyai cukup banyak waktu untuk meng-explor ilmu baik dari buku referensi, internet maupuj belajar sendiri secara autodidak. Ada salah satu hadist yang mengatakan bahwa jika ilmu itu dimanfaatkan/diajarkan, maka tidak akan berkurang bahkan bertambah.
2. Dekat dengan mahasiswa bimbingannya
Semakin sering mahasiswa tersebut bimbingan, maka dapat dipastikan bahwa akan terjalin sinergi yang baik. Karena fase-fase dari mulai penentuan masalah, pencarian dan penentuan jurnal -- jurnal terkait, bab 1, bab 2, bab 3 dan seterusnya.