Lihat ke Halaman Asli

Pejabat Publik Bagi-bagi Hasil

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Banyaknya para pejabat publik yang tersandung kasus menghinakan yang sering disebut dengan nama KORUPSI adalah menjadi inspirasi untuk menganalogikan negara saat ini  ibaratkan sebuah  perusahaan yang setiap tahun harus ada bagi- bagi hasil ( conviden) dan para pejabat adalah komisarisnya alias pemilik saham. Korupsi bagi para pejabat publik sudah di maknai sebagai penghasilan yang syah yang wajib mereka terima apabila Negara  mendapatkan sebuah proyek.

Menurut analisa saya beberapa alasan kenapa para pejabat publik seringkali menjarah uang negara,

Pertama mayoritas dari mereka tujuannya ingin menjadi pejabat publik bukan karena ingin jadi pelayan masyarakat melainkan hanya tergiur dengan proyek-proyek pemerintah dan sebuah lapangan pekerjaan yang sangat strategis untuk mengemplang uang negara.

Kedua mental-mental orang indonesia pada umumnya adalah mental pegawai sangat sedikit yang  punya mental pengusaha hanya 0,3% dibandingkan amerika dan china yang memiliki pengusaha rata-rata di atas 20% dari jumlah penduduknya. hubungannya adalah ketika seseorang pejabat publik ingin kaya satu-satunya cara yang paling instan adalah dengan merampok uang negara karena karena logikanya orang yang  cita-cita hidupnya ingin kaya raya bukanlah memilih profesi sebagai pejabat publik karena disitu bukan tempatnya melainkan memilih profesi sebagai pengusaha. Orang luar negeri yang ingin kaya raya lebih memilih profesi sebagai pengusaha yang melakukan ekspansi bisinis ke negara lain mereka mengumpulkan kekayaan dengan cara mengeruk sumber daya alam negara lain ketimbang ketimbang mengeruk sumber daya alam di negara sendiri. itulah perbedaan pola pikir yang signifikan  antara orang-orang indonesia dengan negara-negara lain.

ketiga gaya hidup pejabat publik indonesia yang sangat OKB (Orang Kaya Baru) banget memaksa untuk selalu tampil parlente dan untuk  tampil demikian tentunya harus didukung dengan plus banyak dan untuk memperoleh plus banyak  tidak ada cara lain selain merampok uang Negara karena mereka bukan pengusaha.

Sehingga saya berkesimpulan bahwa  hanya dua orang pejabat publik di indonesia yang sementara ini terekam memiliki tujuan menjadi pejabat publik  dan benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk pelayan masyarakat adalah Gubernur DKI Jakarta yakni Jokowi dan Ahokk dan saya berharap  jokowi-jokowi yang lain yang masih tersembunyi diluarsana untuk segera muncul kepermukaan melawan sistem  untuk membenahi Negara ini yang kian diujung tanduk.

Solusinya adalah jika orientasi hidup anda adalah ingin kaya raya maka jadilah pengusaha yang berkelas dunia jangan menjadi pejabat publik, karena ketika orientasi hidupmu ingin kaya raya tapi memilih profesi sebagai pejabat publik maka yang akan terjadi adalah tentu budaya korupsi seta budaya merampok uang  rakyat  tidak akan terhindarkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline