Best practice ini saya susun berdasarkan praktik pengalaman lapangan yang saya lakukan di TK Masyithoh Kalangan dengan tujuan agar anak dapat mengenal simbol huruf dan membacanya dengan benar.
Praktik ini saya laksanakan pada hari Jum'at, 11 November 2022 dengan kondisi yang menjadi latar belakang masalah ini yaitu 7 dari 12 anak kelompok B masih mengalami kesulitan dalam mengenal simbol huruf dan menghubungkannya dengan bunyi. Hal ini terlihat setelah saya mengamati, melakukan identifikasi masalah dan dapat saya simpulkan bahwa permasalahan tersebut terjadi karena ada beberapa faktor yaitu:
- Anak belum mengenal huruf dan belum bisa membedakan huruf
- Anak sering terbalik dalam menyebutkan simbol huruf
- Anak belum mampu menghubungkan huruf dengan bunyi
- Media yang digunakan guru kurang bervariasi
- Guru kurang berinovasi dalam pembelajaran sehingga anak kurang tertarik untuk melakukan kegiatan
Praktik ini penting dibagikan karena menurut saya dapat digunakan untuk berbagi pengalaman dengan orang lain termasuk guru di lingkungan sekolah. Selain itu juga untuk memotivasi diri saya sendiri agar dapat memberikan pembelajaran yang menarik bagi anak supaya perkembangan anak dapat berkembang dengan optimal.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu saya sebagai guru yang menemukan permasalahan anak bertanggung jawab dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf dan menghubungkannya dengan bunyi.
Tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran ini yaitu:
- Kemampuan anak untuk mengenal huruf masih rendah
- Kemampuan anak menghubungkan huruf dengan bunyi masih rendah
- Media yang digunakan kurang bervariasi
- Kurang memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran
Pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan yaitu kepala sekolah, guru (teman sejawat), peserta didik, dan orang tua/wali murid
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:
- Merancang perangkat pembelajaran yang berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengambil tema tanaman sayur yaitu sawi
- Merancang media pembelajaran yang dapat menarik minat anak
- Membuat dan mempersiapkan media pembelajaran kotak baca
Strategi yang digunakan dalam praktik ini saya mengemas kegiatan pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan dan didukung dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu menampilkan video pembelajaran sesuai tema,
serta melakukan gerak dan lagu sesuai tema yaitu tanaman sayur.
Proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini yaitu anak mengambil kartu angka untuk menentukan urutan. Anak maju ke depan, setiap maju 2 orang.
Anak berdiri pada meja 1 dan mengambil tiruan daun sawi kemudian berjalan ingkling menuju meja 2 dan mengambil gulungan kartu kata sesuai angka yang terdapat pada tiruan sawi. Anak melompat menuju meja 3 dan membuka gulungan kartu kata kemudian menyusun huruf yang terbuat dari kawat mercy pada kotak baca. Setelah selesai menyusun anak membaca kata dan membereskan alat main.