Lihat ke Halaman Asli

Larutan Asam Basa

Diperbarui: 18 Juni 2023   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pengertian Asam

Asam merupakan sebuah zat yang apabila dilarutkan dalam air, nantinya akan bisa terurai dan menghasilkan ion H+. Asam kuat adalah asam yang jika dilarutkan dalam air akan terurai sempurna. Contoh asam kuat yaitu asam sulfat, asam klorida, asam nitrat dll. Sedangkan Asam lemah adalah asam yang terionisasi sebagian kecil di dalam air. Contoh asam lemah yaitu asam oksalat, asam format, asam karbonat dll.

Penentuan pH asam kuat

  • Tentukan konsentrasi ion hidrogen ([H+]) dalam larutan asam kuat yang akan dihitung pH-nya.
  • Gunakan rumus pH = -log[H+] untuk menghitung nilai pH larutan tersebut.
  • Hitung nilai pH

Pengertian Basa 

Basa adalah senyawa bila dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion OH-. Basa kuat adalah basa yang terionisasi sempurna dalam air. Contoh basa kuat: kalium hidroksida (KOH), barium hidroksida (Ba (OH) 2), caesium hidroksida (CsOH), natrium hidroksida (NaOH), stronsium hidroksida (Sr (OH) 2). Sedangkan basa lemah merupakan jenis basa yang tidak sepenuhnya terionisasi atau tidak sepenuhnya menghasilkan ion Hidroksida ( OH- ) ketika dilarutkan dalam air. 

 Contoh dari basa lemah ada amonia (NH3), amonium hidroksida (NH4OH), besi (II) hidroksida (Fe(OH)2), tembaga (II) hidroksida (Cu(OH)2), etilamin hidroksida (C2H5NH3OH), metilamin hidroksida (CH3NH3OH), natrium bikarbonat (NaHCO3), timbal (II) hidroksida (Pb(OH)2), seng hidroksida (Zn(OH)2).

Indikator 

Indikator asam basa merupakan senyawa yang digunakan untuk mengetahui apakah sebuah larutan mengandung asam, basa, atau netral. Jenis-jenis indikator:

  • Indikator alami adalah indikator yang dibuat menggunakan ekstrak tumbuhan-tumbuhan seperti bunga, umbi, kulit buah, dan daun-daun berwarna. Indikator alami hanya bisa menentukan sifat asam dan basa saja, tidak bisa menunjukan nilai pH dari larutan yang diuji.
  • Indikator buatan adalah alat atau zat yang sudah berada di laboratorium seperti pH meter, indikator universal, kertas lakmus dll.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline