Salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran adalah penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Dalam kurikulum merdeka, Profil Pelajar Pancasila merupakan konsep karakter dan kompetensi siswa yang dibangun hari demi hari di satuan pendidikan.
Karakter yang menjadi fokus penguatan dalam Profil Pelajar Pancasila yaitu mandiri, kritis, kreatif, bergotong royong, berpikiran atau berkebinekaan global, serta beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia.
Selain dalam pembelajaran sehari-hari, karakter-karakter tersebut juga ditanamkan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P4).
Projek P4 merupakan kegiatan yang membawa semangat Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan.
Tidak hanya satu mata pelajaran namun dapat diterapkan dalam lebih dari satu pelajaran. P4 sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila memberikan momen kepada siswa untuk "mengalami pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi.
Isu-isu tersebut masuk kedalam sebuah kegiatan yang dapat diterapkan bertahap sesuai kesiapan pendidik dan sekolah.
Berikut ini merupakan contoh dari 4 level implementasi projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berdasarkan kesiapannya.
1. Level Awal.