Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

TERVERIFIKASI

Owner Klinik DRW Skincare

Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil

Diperbarui: 14 Oktober 2024   09:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, olahraga ringan untuk ibu hamil

Ibu hamil yang pingin lancar pas lahiran perlu olahraga ringan juga, lho. Siapa sangka kalau olahraga ringan yang dilakukan secara rutin, bisa membantu memperlancar ibu hamil pas lahiran. Nah, apa saja nih olahraga ringan untuk ibu hamil yang bisa dilakukan dengan rutin?

Olahraga adalah sebuah aktivitas yang punya banyak manfaat untuk keberlangsungan hidup. Kalau olahraga dilakukan secara rutin dan tepat, sudah pasti berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Olahraga ini punya banyak variasi dan jenis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Walaupun sedang mengandung, ibu hamil juga perlu olahraga agar kesehatan janinnya terjaga.

Tapi, ibu hamil tidak perlu melakukan olahraga berat karena ada beberapa olahraga ringan yang mudah dilakukan secara rutin. Kalau ibu hamil rajin olahraga, saat tiba waktunya bersalin, otot-otot sekitar panggulnya akan lebih kuat saat mengejan.

Apa saja sih olahraga ringan untuk ibu hamil yang bisa dilakukan dengan rutin?
1. Berjalan Kaki
- Ibu hamil disarankan untuk sering-sering jalan kaki. Olahraga ringan ini boleh dilakukan di dalam atau di luar ruangan.
- Usahakan untuk membiasakan jalan kaki, 30 menit per hari agar peredaran darah dan kinerja jantung jadi lebih stabil

2. Senam Ibu Hamil
- Saat sedang mengandung, senam ibu hamil perlu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan tubuh, stamina, dan kelenturan tubuh.
- Senam ibu hamil biasanya banyak diminati karena aktivitas ini mudah dilakukan walaupun sedang mengandung.

3. Berenang
- Siapa bilang ibu hamil nggak bisa berenang? Justru berenang adalah olahraga ringan yang membantu si ibu hamil nggak gampang capek saat beraktivitas sambil mengandung.
- Malahan berenang ini bisa meningkatkan kualitas tidur ibu hamil dan mengatasi pembengkakan  tubuh si ibu hamil.

4. Yoga
- Bukan cuma senam saja, ibu hamil juga bisa melakukan yoga sebagai olahraga ringan.
- Dengan melakukan yoga, ibu hamil juga jadi lebih tenang, bisa mengelola stress mereka dengan baik, pernapasan semakin lancar, dan bisa melenturkan anggota tubuh.
- Lewat Yoga, keseimbangan tubuh si ibu hamil akan lebih terjaga.  

Agar proses lahiran makin lancar, ibu hamil juga bisa latihan jongkok untuk membuka otot-otot panggul. Proses lahiran akan jadi lebih cepat jika melakukan latihan ini dengan rutin.

Bukan cuma latihan jongkok, ibu hamil juga perlu memiringkan panggul secara rutin. Aktivitas ini termasuk olahraga ringan yang bermanfaat untuk memperkuat otot-otot perut. Kalau terbiasa melakukan olahraga ini, nyeri punggung yang dirasakan jadi berkurang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline