Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Manfaat Minum Jamu!

Diperbarui: 8 Juli 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, manfaat minum jamu

Minuman jamu identik dikonsumsi oleh orang tua dan lansia. Hingga, jarang sekali anak muda atau generasi modern mengonsumsi minuman yang kaya akan khasiat ini. Jangan remehkan manfaat dari mengonsumsi jamu, begini penjelasan selengkapnya.

Jamu adalah minuman tradisional yang terbuat dari berbagai jenis bahan-bahan alami, seperti rempah-rempah, akar-akaran, daun, bunga, hingga buah. Rempah-rempah tersebut diambil sari patinya atau air rebusannya yang kemudian menjadi sebuah minuman berkhasiat.

Konon katanya, mengonsumsi jamu bisa meredakan atau bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi jamu:
- Meredakan gangguan pencernaan
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Meningkatkan energi tubuh
- Detoksifikasi alami
- Mendukung kesehatan tubuh
- Menjaga kesehatan kulit
- Mencerahkan kulit
- Meningkatkan fokus dan konsentrasi
- Mencegah penyakit, bakteri, atau virus yang masuk ke dalam tubuh
- Mengurangi stress dan kecemasan

Manfaat di atas didapatkan dengan mengonsumsi jamu yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beragam jenis jamu yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kualitas hidup.

Anak muda yang sering terkena penyakit, bisa mengonsumsi jamu sebagai minuman alternatif. Lalu, bagaimana cara mudahnya mengonsumsi jamu yang bisa dilakukan oleh anak muda?
- Pilih jamu yang tepat, mungkin bisa dengan mengonsumsi jamu yang rasanya ringan dan tidak pahit terlebih dahulu untuk konsumen pemula
- Konsumsi jamu secara teratur, agar terbiasa dan mendapatkan manfaat yang optimal
- Jika rasa jamu terlalu kuat, campur dengan bahan lainnya
- Minuman jamu mungkin bisa ditemukan di pasaran, tapi tidak ada salahnya dengan mencoba membuat jamu dengan resep sendiri

Jamu telah tersedia secara instan, sehingga minuman ini bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Dari manfaat mengonsumsi jamu di atas, anak muda diharapkan bisa terbiasa untuk menjaga kesehatan tubuh secara teratur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline