Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Pencegahan Penyakit Adenovirus!

Diperbarui: 10 Juni 2024   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, pencegahan penyakit adenovirus

Masih asing dengan istilah penyakit adenovirus? Mungkin penjelasan berikut bisa membantu untuk mengetahui informasi lengkapnya disertai tips pencegahan yang baik dan benar.

Adenovirus merupakan virus yang dapat menyerang siapa saja. Adenovirus seringkali menyebabkan infeksi pada mata, saluran pernapasan, dan juga saluran pencernaan.

Virus ini dapat menular dan menjangkit siapa saja. Penularannya dapat berasal dari percikan ludah, menyentuh benda atau feses yang telah terkontaminasi virus, dan kurangnya menjaga kebersihan.

Virus jenis ini bisa menyebabkan penyakit seperti; batuk, pilek, bronkitis, pneumonia, gastroenteritis, konjungtivitis, croup, infeksi saluran pencernaan dan kemih, hingga meningitis.

Adapun gejala penyakit adenovirus adalah; demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, sakit kepala, sesak napas, nyeri otot, mual dan muntah, diare, kemerahan pada mata, gangguan pengelihatan, urine lebih gelap, kejang, hingga penurunan kesadaran.

Jika sudah mengalami beberapa gejala seperti di atas, usahakan untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter atau ahli profesional. Berikut inilah tips pencegahan yang dapat dilakukan secara mandiri:
- Istirahat yang cukup
- Mengontrol pola makan yang tepat
- Mengonsumsi makanan yang bernutrisi
- Menjaga kebersihan tempat tinggal
- Menjaga kelembapan ruangan

Tips pencegahan di atas dapat mengatasi penyakit adenovirus yang dapat menggangu kesehatan tubuh seseorang. Sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, usahakan untuk mencuci tangan dan kaki. Selain itu, hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang terjangkit penyakit.

Agar tidak terjangkit penyakit yang satu ini, usahakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan membatasi kontak dengan orang sakit. Pastikan juga hidup di lingkungan yang sehat dan menerapkan kebiasaan baik agar terhindar dari kemungkinan tertular maupun terinfeksi penyakit adenovirus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline