Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Sering Mencuci Wajah Bisa Menghilangkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Diperbarui: 16 November 2023   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, sering mencuci wajah bisa menghilangkan jerawat, mitos atau fakta?

Mitos atau fakta mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan jerawat? Bagi sebagian orang, banyak yang meyakini bahwa mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan jerawat dan noda hitamnya. Namun benarkan hal ini efektif untuk dilakukan atau hanya mitos saja? Untuk ketahui kebenarannya, yuk simak dulu penjelasan terkait hal tersebut dalam artikel di bawah ini.
 
Mencuci wajah terlalu sering bukanlah cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan dapat menjadi mitos. Jerawat sering kali disebabkan oleh faktor-faktor seperti produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori, dan pertumbuhan bakteri yang akan menimbulkan jerawat. Meskipun mencuci wajah adalah langkah penting dalam perawatan kulit dan dapat membantu mengendalikan jerawat, terlalu sering mencuci wajah atau mencuci wajah dengan cara yang salah dapat memperburuk kondisi kulit.

Jadi, mitos atau fakta nih jika mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan jerawat? Nah, untuk ketahui mitos atau fakta seputar persoalan ini, yuk simak alasannya dalam penjelasan berikut.


Inilah beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang fakta mencuci wajah:

1. Mencuci wajah terlalu sering
Mencuci wajah terlalu sering, terutama dengan pembersih yang keras, bisa mengeringkan kulit dan merangsang produksi minyak berlebih sebagai respons. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti kulit kering dan iritasi. Mencuci wajah terlalu sering tidak bisa dikatakan dapat  benar-benar mengatasi masalah jerawat. Justru malah menyebabkan kulit semakin sensitif karena menipis.

2. Mencuci wajah dengan benar
Mencuci wajah harus dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam dengan pembersih yang cocok untuk jenis kulit. Pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol dapat membantu menjaga keseimbangan minyak kulit. Sedangkan, produk pembersih wajah yang mengandung bahan berbahaya akan menyebabkan permasalahan serta keluhan pada kulit.

3. Pentingnya menjaga kebersihan
Meskipun mencuci wajah terlalu sering tidak disarankan, menjaga kebersihan wajah tetaplah penting. Prosedur ini akan membantumu untuk menghindari penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri yang dapat memperburuk jerawat. Menjaga kebersihan wajah bukan hanya dengan sering mencuci wajah, namun juga perlu menerapkan cleansing wajah setelah melakukan banyak kegiatan di hari tersebut.

4. Aspek lainnya
Penyebab jerawat dapat berbeda-beda pada setiap individu. Faktor seperti pola makan, stres, hormon, dan perawatan kulit yang digunakan juga berperan. Tentu saja hal ini mempengaruhi cara untuk menghilangkan jerawat. Bukan hanya dengan mencuci wajah saja, cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan melakukan prosedur perawatan lainnya.

Setelah menelisik penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa mencuci wajah terlalu sering tidak bisa menghilangkan jerawat. Bahkan, mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan permasalahan kulit seperti iritasi, kemerahan, hingga peradangan karena disebabkan oleh kulit yang menipis.

Melihat kondisi tersebut, informasi soal mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan jerawat adalah mitos, bukan fakta. Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan statemen soal perawatan wajah sebelum mengetahui faktanya terlebih dulu. Faktanya, cara menghilangkan jerawat tidak mudah hanya dengan mencuci wajah saja. Namun ada rangkaian dan langkah perawatan lainnya yang harus dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat.

Penting untuk diingat bahwa jenis kulit pada setiap individu ini berbeda. Sehingga penanganan yang diberikan tentu saja tidak sama. Cara untuk mengatasi jerawat juga tidak bisa instan karena diperlukan niat, tekad, serta konsistensi untuk mengurangi jerawat yang timbul serta menghilangkan noda hitam yang membekas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline