Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif!

Diperbarui: 18 Oktober 2023   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, cara eksfoliasi untuk kulit sensitif

Eksfoliasi adalah salah satu langkah perawatan kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah. Namun kesalahan yang kerap terjadi saat melakukan eksfoliasi adalah pemberlakuan perawatan ini secara rutin. Padahal, langkah perawatan yang benar adalah ekfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari karena akan mempengaruhi kesensitifan kulit. Terlebih lagi jika kulit yang dimiliki sangat sensitif dan kemudian menggunakan produk dengan bahan yang tidak sesuai. Nah, hal inilah yang akan berdampak buruk pada tampilan kulit wajah. Untuk solusinya, agar eksfoliasi tidak menyebabkan kemerahan, peradangan, hingga iritasi, cobalah untuk menerapkan cara eksfoliasi khusus untuk kulit sensitif dalam penjelasan dalam artikel di bawah ini. Dengan mengetahui cara eksfoliasi untuk kulit sensitif, pencegahan peradangan dapat teratasi dengan baik.

Berbeda dari cara mengeksfoliasi jenis kulit normal maupun berminyak, eksfoliasi kulit sensitif memerlukan perhatian khusus agar tidak menyebabkan peradangan atau iritasi. Bagi kulit sensitif, eksfoliasi hanya boleh dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Jika lebih dari itu, dapat dipastikan jika kulit wajahmu akan berubah menjadi kemerahan yang kemudian disusul dengan peradangan. Tak perlu menunggu lama, ketahui cara eksfoliasi untuk kulit sensitif yang tepat melalui pembahasan berikut.

Inilah cara melakukan eksfoliasi yang baik untuk kulit sensitif:
1. Pilih Produk Eksfoliasi yang Tepat:
Memilih produk eksfoliasi yang baik dan cocok untuk kulit adalah pilihan yang tepat. Pilih produk eksfoliasi yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Produk ini seringkali lebih lembut dan memiliki kandungan yang cocok untuk kulit yang rentan terhadap iritasi. Pilih eksfolian kimia daripada eksfolian fisik, seperti scrub berbutir, karena eksfolian kimia lebih lembut pada kulit.

2. Uji Terlebih Dahulu:
Lakukan uji patch pada bagian kulit yang kurang sensitif sebelum mengaplikasikan produk eksfoliasi ke seluruh wajah. Prosedur ini akan membantumu untuk memeriksa apakah kulit dapat merespons produk dengan baik atau menunjukkan tanda-tanda iritasi.
Jika kulit justru menunjukkan tanda iritasi, hentikan penggunaannya dan gunakan produk eksfoliasi yang lebih ringan dan sesuai dengan jenis kulit.

3. Pilih Produk dengan Kandungan yang Sesuai:
Cari produk eksfoliasi yang mengandung bahan-bahan yang cocok untuk kulit sensitif, seperti asam laktat, asam glikolat, atau asam hialuronat. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang keras atau berpotensi iritan seperti asam salisilat atau asam askorbat agar kulit terhindar dari peradangan dan iritasi.

4. Frekuensi Eksfoliasi yang Rendah:
Untuk kulit sensitif, cukupkan eksfoliasi menjadi satu atau dua kali seminggu. Terlalu sering eksfoliasi bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif hingga membuatnya terlihat kemerahan. Jika terjadi kemerahan, maka hindari mengeksfoliasi wajah terlebih dahulu agar dampak yang diakibatkan tidak semakin parah.

5. Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut:
Saat mengaplikasikan produk eksfoliasi, hindari menggosok kulit dengan keras. Oleskan produk dengan lembut ke seluruh wajah dan biarkan selama beberapa menit sesuai petunjuk produk. Saat mengeksfoliasi, hindari area mata dan bibir karena produk eksfoliasi akan membuat kedua area tersebut iritasi.

6. Bilas dengan Lembut:
Saat mencuci wajah, hindari menggosok kulit saat membilas produk eksfoliasi. Bilas dengan lembut menggunakan air dingin atau air suam-suam kuku. Air suam-suam kuku ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi kemerahan pada wajah akibat eksfoliasi.

7. Gunakan Pelembap:
Setelah eksfoliasi, aplikasikan pelembap yang cocok untuk kulit sensitif. Menerapkan moisturizer setelah eksfoliasi akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko iritasi. Kulit juga mendapat nutrisi dari kandungan dalam produk moisturizer, sehingga iritasi maupun peradangan dapat dicegah dengan baik.

8. Hentikan Jika Ada Tanda Iritasi:
Jika kulit menunjukkan tanda-tanda iritasi seperti kemerahan, gatal, atau peradangan, hentikan penggunaan produk eksfoliasi dan tunggu sampai kulit pulih sebelum mencoba lagi. Kulit yang meradang setelah mengeksfoliasi akan menyebabkan keluhan serta permasalahan baru. Bahkan tampilan kulit akan terlihat lebih parah saking sensitifnya kulit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline