Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Begini Cara Eksfoliasi Bibir!

Diperbarui: 25 September 2023   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, begini cara eksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir adalah langkah perawatan penting untuk menjaga bibir tetap sehat dan merona. Proses ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat bibir terlihat kering dan kusam. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara mengeksfoliasi bibir agar terhindar dari iritasi yang menyebabkan kemerahan dan bibir kering.

Eksfoliasi tak hanya dilakukan pada kulit wajah saja. Bibir juga butuh eksfoliasi agar tidak menghitam. Bibir yang menghitam sering kali disebabkan dengan penggunaan lipstik yang tidak sesuai atau bahkan kurangnya kebersihan pada lapisan bibir.

Tidak sedikit juga yang mengalami dehidrasi sehingga kulit bibir kelebihan melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi. Beberapa orang yang membersihkan wajah sering lupa menyeka bibir sehabis menggunakan lipstik. 

Akibatnya, bibir semakin menghitam dan menyebabkan tidak enak dipandang. Agar mendapatkan bibir yang tampak lebih sehat dan merona, penjelasan di bawah ini akan membantumu.

Berikut adalah cara eksfoliasi bibir agar tampak lebih sehat dan merona:

Langkah 1: Persiapan Alat dan Bahan

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, termasuk scrub bibir yang bisa dibeli atau dibuat sendiri, balsem bibir, dan handuk lembut untuk  menyeka sel-sel kulit yang terangkat.
  • Pastikan tangan bersih sebelum memulai proses ini.

Langkah 2: Basahi Bibir

  • Basahi bibir dengan air hangat. Proses ini akan membantu dalam melunakkan kulit dan mempersiapkan bibir untuk eksfoliasi. Bibir yang lebih dulu dibasahi dengan air hangat akan lebih mudah dieksfoliasi daripada bibir yang kering.

Langkah 3: Aplikasikan Scrub Bibir

  • Ambil sedikit scrub bibir dan aplikasikan pada bibir. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama sekitar 1-2 menit. Pastikan untuk tidak mengeksfoliasi terlalu keras, karena kulit bibir adalah area yang sensitif.

Langkah 4: Bilas

  • Setelah eksfoliasi selesai, bilas bibir dengan air hangat. Pastikan menghilangkan semua scrub secara menyeluruh. Sel-sel kulit mati pada bibir akan terangkat saat kamu membilasnya dengan hati-hati.

Langkah 5: Aplikasikan Balsem Bibir

  • Setelah mengeringkan bibir dengan lembut menggunakan handuk bersih, aplikasikan balsem bibir yang melembapkan. Ini membantu menjaga bibir tetap lembut dan terlindungi. Gunakan balsem bibir dengan kandungan yang bagus digunakan untuk bibir agar tidak menyebabkan kulit yang menghitam.

Langkah 6: Rutin

  • Untuk hasil yang terbaik, lakukan eksfoliasi bibir ini secara teratur, biasanya satu hingga dua kali seminggu. Jangan terlalu sering melakukannya, karena bisa membuat bibir menjadi kering atau iritasi dan bahkan menjadi terluka.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline