Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Cara Memilih Foundation yang Baik!

Diperbarui: 2 Desember 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Src. Freepik.com, cara memilih foundation yang baik!

Foundation merupakan alas bedak yang ada pada urutan awal merias wajah. Foundation bekerja untuk meratakan warna kulit sebelum dibubuhi dengan bedak padat maupun tabur. Foundation menjadi pondasi riasan yang wajib dilakukan sebelum melakukan serangkaian tata rias lainnya.Pemilihan foundation sebagai alas make up atau alas bedak merupakan sebuah langkah yang perlu diperhatikan. Meskipun hal ini sering diabaikan oleh sebagian orang, memilih foundation yang baik merupakan patokan sebelum melakukan riasan pada wajah.

Pemilihan foundation yang salah, akan berakibat pada tampilan riasan. Jika tidak ingin hal itu terjadi, lebih baik ketahui penjelasan mengenai bagaimana cara memilih foundation yang baik dalam informasi di bawah ini.

Ada banyak jenis foundation yang bisa ditemukan di toko-toko kosmetik. Mulai dari yang bubuk padat, liquid, hingga mineral. Pemilihan foundation ini harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit agar memberikan efek yang bagus pada riasan wajah.

Ini dia cara memilih foundation yang baik untuk kulit wajah agar Anda bisa menentukan jenis apa yang cocok digunakan untuk kulit.

1. Berbasis Air

Jenis foundation yang kerap ditemukan adalah produk yang berbasis air atau water based. Kandungan dalam jenis foundation ini sangat ringan sehingga mudah diaplikasikan pada wajah. Bahkan foundation dengan bahan ini tidak meninggalkan residu yang berminyak pada kulit. Namun sayangnya, foundation berbasis air ini tidak bisa bertahan lama seperti jenis yang lainnya.

2. Berbasis Krim

Tak hanya foundation berbasis air saja, foundation berbasis krim ini juga sering digunakan oleh banyak pengguna riasan. Meskipun lebih berat dari jenis foundation berbasis air, jenis ini mampu membuat riasan bertahan lebih lama. Gunakan spons atau kuas saat mengaplikasikan foundation ini pada wajah karena teksturnya yang kental.

3. Concealer

Berbeda dengan jenis foundation di atas, Concealer ini bekerja sebagai penyamar yang mencakup area yang lebih kecil. Umumnya, concealer bertugas untuk menyamarkan area yang gelap untuk meratakan warna kulit sebelum dibubuhkan bedak. Concealer bisa menutupi bekas jerawat, lingkaran hitam, dan perubahan warna kulit.

Ada dua jenis concealer yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu dengan bentuk cairan dan juga krim atau stik. Tak jauh berbeda dengan foundation, jenis concealer yang cair teksturnya lebih ringan. Sedangkan yang krim dan stik bisa tahan lebih lama dari jenis yang cair.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline