Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Pemimpin Negara Perlu Pandai Berkuda?

Diperbarui: 20 Juni 2015   02:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1403413178465822161

[caption id="attachment_330335" align="alignnone" width="600" caption="Lensa Indonesia"][/caption]

Jaman sekarang mungkin sudah tak terlalu dianggap penting seorang pemimpin pandai berkuda, karena banyak kendaraan perang modern yang dimiliki oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Tapi kita patut berbangga karena negara Indonesia juuga memiliki sejarah pasukan dan pemimpin-pemimpin hebat yang mahir dan pandai berkuda. Selain itu negara kita juga memiliki pasukan Kavaleri  berkuda yang tergabung dalam Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD. Semboyan khas dari satuan Kavaleri TNI-AD adalah Tri Daya Cakti yang berarti daya gerak, daya tembak dan daya kejut.

Lalu apa kaitannya kuda dengan sosok pemimpin negara? hal ini menjadi menarik untuk dibahas karena kebetulan calon presiden kita bapak Prabowo Subianto adalah seorang sosok yang pandai Berkuda. Tapi lucunya terkadang malah kedekatannya dengan kuda menjadi bahan cibiran dan ejekan di sosial media. Terutama mereka yang tidak menyukai sosok beliau sebagai calon presiden kita.  Tak dipungkiri memang basic Prabowo adalah seorang militer. Tapi dari info yang kami peroleh tidak semua tentara memiliki kemampuan berkuda, setiap tentara memiliki keahlian dan satuan masing-masing.

Itulah sebabnya kemampuan berkuda Prabowo seharusnya menjadi Poin yang patut dibanggakan dan nilai Plus bagi calon pemimpin kita. Bukan sebaliknya justru dijadikan bahan kampanye hitam untuk menjatuhkan beliau. Prabowo menjadi sosok pemimpin yang menarik karena memiliki berbagai keahlian termasuk didalamnya adalah berkuda. Hal seperti ini mungkin tak seharusnya perlu diperbahas atau diperbincangkan. Tapi menjadi penting ketika kedekatan dan kemahirannyan berkuda justru malah menjadi bahan olok-olok generasi penerus bangsa.

Mungkin masih belum banyak yang tahu jika pasukan-pasukan perang terbaik dunia pada masa lampau adalah mereka yang memiliki pasukan berkuda terbaik. Berikut ini adalah beberapa kisah kepahlawanan dari berbagai dunia yang termasuk paling disegani oleh negara-negara disekitarnya karena memiliki pertahanan dan strategi perang terbaik:

1. Knights Of Rhodes

[caption id="attachment_330288" align="alignnone" width="537" caption="wikipedia"]

14034094991592230665

[/caption]

Pasukan ini juga sering disebut dengan Knights of Malta. Pada tahun 1565, Kekaisaran Ottoman berusaha merebut Malta yang dipertahankan habis-habisan oleh pasukan ini dalam pertempuran keras selama lima bulan. Knights adalah pejuang besar yang mengenakan baju pelindung di seluruh tubuh. Mereka adalah prajurit termahal, prajurit paling terlatih, dan memiliki baju besi, senjata dan kuda untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Raja. Mereka adalah tentara yang sangat efektif yang telah berlatih selama hidup mereka.

2. Apache

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline