Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Triasmara

Owner Klinik DRW Skincare

Dosa Wanita Karena Mulutnya, Pria Karena Mata? (Tinjauan Ilmiah)

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1418832397327913696

[caption id="attachment_360094" align="aligncenter" width="506" caption="Ilustrasi memecomicsantri"][/caption]

Judul tulisan saya ini bukanlah bersifat global, karena tentunya baik pria dan wanita dosa bisa berasal dari mana saja entah dari mata, mulut, tangan ataupun kakinya. Namun Jika dikaitkan dengan beberapa fakta ilmiah ternyata benar adanya jika kebanyakan dosa yang dibuat oleh wanita bisa saja lebih banyak berasal dari mulut mereka, sementara dosa pria lebih banyak berasal dari mata (pandangan) mereka.

Lalu kenapa bisa demikian? mari coba simak penelitian berikut.

Penelitian pertama, Benarkah wanita bicara lebih banyak ketimbang Pria? jawabanya ternyata memang benar. Terbukti dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Louann Brizendine, pendiri dan direktur dari pusat kajian hormon dan mood wanita  University of California, yang diterbitkan The Female Brain. Salah satu kesimpulan dalam penelitian tersebut mengklaim bahwa perempuan berbicara rata-rata 20.000 kata per hari, hampir tiga kali lipat dari laki-laki yang mengucapkan 7.000 kata perhari. Penelitian serupa dilakukan oleh Jukka-Pekka “JP” Onnela asisten professor biostatistics di Harvard School of Public Health (HSPH), namun tidak spesifik JP onella hanya menyebut bahwa wanita lebih banyak berbicara (berinteraksi sosial) lebih sering ketimbang wanita.

Penelitian kedua, Pria benar-benar melihat tubuh perempuan lebih dari wajah mereka, menurut sebuah studi yang menggunakan teknologi eye-tracking untuk membuktikan apa yang diamati pria pada wanita. Pada penelitian seorang psikolog sosial Sarah Gervais dari University of Nebraska-Lincoln yang meneliti sebanyak 36 pria yang telah dilengkapi sistem pelacak sensor gerak mata, dimana alat ini mampu mengukur dalam milidetik berapa lama mata menatap/melihat pada titik-titik tertentu. Tatapan mereka para pria bereaksi terhadap foto-foto wanita dari yang kurus hingga montok didapatkan mata-mata pria ini lebih banyak tertuju pada bagian dada dan pinggang perempuan dan lebih sedikit yang condong untuk melihat  wajah obyek gambar yang dilihat. Gambar wanita dengan payudara yang lebih besar, pinggang dan pinggul  langsing lebih lama dan banyak dilihat.

Itulah kenapa seringkali wanita dikonotoasikan sebagai  biang gosip, cerewet atau hal-hal yang terkait dengan aktifitas mulut mereka. Sementara pria lebih dikonotasikan sebagai mata keranjang karena dikaitkan aktifitas penglihatan mereka. Namun sekali lagi urusan dosa adalah urusan pribadi manusia dengan Tuhan. Disini saya hanya mengkaitkan mengenai study dengan potensi dosa yang dibuat manusia. Semoga penjelasan ilmiah dari apa yang saya jabarkan diatas dapat membuat kita makin berhati dalam menjaga pandangan dan ucapan. Berbicaralah yang baik-baik dan hindarilah pandangan yang dapat menjurus pada perbuatan zina mata.

Salam,

dr. Wahyu Triasmara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline