Lihat ke Halaman Asli

Puasa Membuka Pintu Rezeki

Diperbarui: 17 April 2023   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Puasa Membuka Pintu Rezeki 

Kewajiban berpuasa ramadhan turun pada tahun ke dua hijriah di Madinah al-Munawarah. Seperti kewajiban dalam agama yang lain; sholat, zakaat, haji mesti memiliki target dan tujuan. kewajiban sholat bertujuan menghindarkan diri dari perbuatan keji dan mungkar (Qs. al-Angkabut/29 :45), zakat membersihkan harta dan mensucikan jiwa (QS. At-Taubah/9: 103), haji bertujuan membentuk akhlak mulia dan meningkatkan derajat takwa (QS al-Baqarah/2: 197). maka demikian pula dengan kewajiban berpuasa yang bertujuan membentuk pribadi yang bertakwa. Allah swt berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. al-Baqarah/2: 183)

menurut tafsir Jalalain makna "agar kamu bertakwa" maksudnya menjaga diri dari maksiat, karena puasa itu dapat membendung syahwat yang menjadi pangkal sumber kemaksiatan itu.

Tentunya tujuan puasa ini baru dirasakan oleh yang berpuasa  jika kita mampu memadukan dua aspek penting dari pelaksanaan ibadah puasa ini, yakni aspek lahir yang menjadi objek kajian fikih yakni menahan lapar dan haus dan sebab-sebab fisik lainya yang membatalkan seperti bersetubuh di siang bolong dan lain sebagainya. Kedua adalah aspek batin yang menjadi fokus kajian tasawuf yakni kebersihan jiwa dari kotoran-kotoran hati seperti, sombong, riya, iri, dengki, dusta, dan lain sebagainya. dua aspek ini ada satu keterpaduan yang seyogyanya tidak dipisahkan, jika terpisah atau dipisah makan ibadah tidak akan bernilai. Nabi saw bersabda

     

"Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan." (HR. Bukhari)


hadis ini jelas mengingatkan kita agar puasa tidak sia-sia maka saat puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja namun juga menjaga kejujuran dan kebersihan hati.

Kembali pada masalah kenapa puasa dapat membuka rezeki, dari mana rezeki itu datang? untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus kembalikan pada tujuan diwajibkannya puasa yakni membentuk pribadi yang bertakwa. dalam al-quran salah satu keutamaan yang didapat oleh sosok yang bertakwa adalah dibukakanya jalan keluar (solusi hidup) dan diberikannya rezeki dari arah-arah yang tidak diduga sebelumnya. Allah swt berfirman:

() ... ()

"Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.".." (Ath-Thalaq: 2-3)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline